Muzakir Sai Sohar: Pembangunan di Kabupaten Muara Enim Sudah On the Track

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar

Muara Enim, Kabarserasan.com – Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Muara Enim sudah on the track sesuai arahan dan amanat RPJMD Kabupaten Muara Enim Tahun 2013-2018, RPJMD Provinsi Sumsel, dan RPJM Nasional Tahun 2014-2018 yang telah kenal dengan Nawacita.

Menurut Muzakir, keberhasilan penhyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Muara Enim ini tidak terlepas dari sinergisitas para stekhodernya mulai dari jajaran legislatif, unsur muspida, instansi vertikal, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat LSM, dan insan pers.

” Semua berupaya maksimal untuk menciptakan kondisi yang kondusif, kebersamaan, dan saling mendukung serta saling mengingatkan dalam pencapaian tujuan pembangunan yakni, meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara luas,” kata Muzakir pada upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-70¬† di Lapangan Merdeka Muara Enim, Senin (21/11/2016).

Kondisi ini, lanjutnya harus dijaga dan ditingkatkan lagi, sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam mewujudkan masyarakat yang Sehat, Mandiri,Agamis, dan Sejahtera di Bumi Serasan Sekundang.

Muzakir memaparkan beberapa keberhasilan yang telah dicapai dua tahun terakir, antara lain, Opini keuangan wajar tanpa pengecualian (WTP) selama 3 tahun berturut-turut tahun 2014, 2015, dan 2016. Sementara capaian kinerja LAKIP : B Tahun 2014 dan 2015, capaian kinerja, perencanaan pembangunan dengan mendapatkan Piala Pangripta Sriwijaya Tahun 2015 dan Pangripta Nusantara Tahun 2015, Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) untuk SKPD pelayanan publik rata-rata baik.

” Indeks kesejahteraan masyarakat (IKRA) Kabupaten Muara Enim meningkat cukup tajam mencapai 49,5 persen tahun 2015 dari 43,5 persen tahun 2011,menumbuhkembangkan inovasi daerah untuk meningkan kinerja dan daya saing daerah, dimana dalam tahun 2015 telah dihasilkan 79 inovasi dan tahun 2016 dihasilkan 65 inovasi daerah yang dihasilkan oleh hampir seluruh SKPD lingkup Pemkab Muara Enim,” ujarnya.

Selain itu, telah dikembangkan e-Gov (electronic goverment) melalui layanan astinet (access service dedicated to internet) dengan kecepatan akses 50 Mbps pada Tahun 2015 dan 22 buah sistem informasi manajemen yang diimplementasikan oleh SKPD untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas kerja.

Untuk pengendalian inflasi di daerah, telah berhasil membentuk TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) yang telah cukup berhasil mengendalikanlaju inflasi di Kabupaten Muara Enim. Dalam pembentukan bahayanarkoba, bersama kepolisian dan Badan Narkotika Daerah  terus melakukan upaya-upaya pencegahan.

Terkait dengan bagi aparatur Sipil Negara (ASN), Muzakir dia mengajak untuk senantiasa meningkatkan kompetensi diri, memanfaatkan teknologi, membangun networking, dan terus berinovasi sehingga dapat meningkatkan keunggulan komparatif sekalius kompetitif daerah memasuki era pasar bebas ASEAN dan global.

“Jauhkan diri dari bahaya narkotika, berantas korupsi, dan hilangkan pungli sekecil apa pun, hanya dengan demikian kita akan dapat melakukan percepatan dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah,” pungkasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply