Muara Enim Optimalkan Sumberdaya untuk Pembangunan

Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar saat memberikan sambutan dalam Sidang Paaripurna Istimewa dalam rangka hari jadi Kabupaten Muara Enim ke-70 2016

Muara Enim, Kabarserasan.com –  Untuk mewujudkan visi Kabupaten Muara Enim, Pemkab bersama masyarakat dan dunia usaha bersinergi dalam upaya menggali potensi sumberdaya yang ada secara optimal.

” Pengoptimalan potensi sumber daya tersebut digunakan untuk pembiayaan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Muara Enim,” kata Muzakir dalam sidang parpurna istimewa DPRD Muara Enim dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Muara Enim ke 70, di Gedung DPRD Muara Enim, Senin (21/11/2016).

Muzakir menjelaskan, pembiayaan yang berasal dari APBD Kabupaten Muara Enim pada 2016, sebesar Rp 2.513.488.039.051, 96.

” Angka tersebut termasuk bantuan keuangan dari provinsi Sumatera Selatan. Prosentase penggunaanya, 45,6% untuk Belanja tidak Langsung dan 54,4% biaya langsung,” jelasnya.

Sementara, pembiayaan pembangunan yang bersumber dari APBN yakni DAK (dana alokasi khusus) fisik dan non fisik sebesar Rp 320 miliar. Sedangkan dana tugas perbantuan dan kantor pusat tahun 2016 sebesar Rp 8,7 miliar. Untuk dana desa Muara Enim menerima sebesar Rp 151,2 miliar.

Disisi lain, pembiayaan pembangunan yang berasal dari dunia usaha (BUMN/BUMS) melalui Forum CSR-PKBL Kabupaten Muara Enim ditargetkan sebesar Rp 106 miliar untuk membiayai program/kegiatan hasil Musrenbang Kabupaten Muara Enim  yang tidak terbiayai APBD Kabupaten Muara Enim.

” Untuk mendukung pembangunan di desa, alokasi anggaran yang berasal dari Dana Desa (APBN) dan alokasi Dana Desa (APBD Kabupaten) tahun ini mencapai Rp 1,2 miliar,” pungkas Muzakir.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here