Akibat Longsor, Jalan Provinsi di Semende Terputus

Kondisi jalan Provinsi di Semende yang longsor

Muara Enim, Kabarserasan.com  – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Muara Enim beberapa hari terakhir mendatangkan bencana. Sejumlah kecamatan dataran rendah, seperti, Lawang Kidul, Ujan Mas dan Gunung Megang terendam banjir.

Hujan terus-menerus yang terjadi tak hanya mengakibatkan banjir, longsor pun terjadi. Longsor terjadi di jalan Kabupaten Muara Enim dari Desa Tanjung Agung ke Desa Tanjung Tiga yang sempat putus tertimbun material tanah akibat longsor.

Longsor juga terjadi di jalan provinsi menuju Semende. Bahkan terdapat dua titik yakni  di antara Desa Karya Nyata menuju Desa Pulau Pangung dan Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut (SDL). Akibat longsor ini badan jalan tak bisa dilewati kendaraan bermotor. Empat tiang listrik pun ikut roboh.

Camat SDL Drs Fauzi mengatakan, jalan di perbukitan di daerah cenderung labil. Saat diguyur hujan deras dalam waktu yang lama akan mengakibatkan longsor dan badan jalan runtuh.

” Longsor yang terjadi di Desa Karya Nyata, kedalaman badan jalan longsor sedalam 20 meter. Sementara yang di Desa Pulau Pangung panjang badan jalan yang longsor sekitar 50 meter,” kata Fauzi.

Akibat longsor tersebut, akses jalan menuju semendo saat ini terputus dan tidak bisa dilewati oleh Kendaraan bermotor. Bagi masyarakat yang hendak berpergian sementara harus menggunakan akses jalan menuju Kabupaten Lahat.

Lanjut Fauzi, bahwa pihaknya sudab melaporkan kejadian ini ke Kabupaten Muara Enim. ” Kita sudah melaporkan hal keadaan ini ke Pemkab, agar dapat dikoordinasikan dengan pihak Provinsi Sumsel,” pungkasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply