PALI Siaga Satu Bencana Banjir

Kondisi terakhir Sungai Abab Foto" KSC/Her

PALI, Kabarserasan.com – Hujan yang deras mengguyur Bumi Serepat SerasanĀ  beberapa hari terakhir membuat Sungai Abab meluap. Akibatnya beberapa wilayah di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir(PALI) terendam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat terutama daerah yang menjadi langganan banjir. BPBD meminta warga agar lebih meningkatkan kewaspadaannya, khususnya warga Talang Pipa dan Sekitarnya.

Setelah melakukan pantauan di beberapa wilayah, terutama di daerah yang berdekatan dengan aliran sungai, Kepala BPBD Kabupaten PALI, Drs.Rusman Firman menjelaskana bahwa wilayah PALI dalam keadaan siaga I terhadap banjir.

“Ketinggian air dibeberapa sungai, diantaranya Sungai Abab dan Sungai Lematang telah menyentuh bibir sungai, bahkan ada yang sudah melimpah menggenangi perkampungan. Melihat cuaca yang masih berpotensi bakal turun hujan lagi, saya himbau warga lebih waspada, karena kemungkinan air akan kembali meningkat,”kata Rusman via ponsel,Selasa(15/11/2016).

Diakuinya bahwa sudah banyak laporan masyarakat yang memberitahukan bahwa dusun atau perkampungannya mulai terendam.

“Kami telah berkeliling hari ini dan memantau beberapa desa yang dekat dengan aliran sungai maupun lematang. Namun masih tahap aman dan belum mengancam keselamatan maupun mengganggu aktivitas warga. walau demikian, kami tetap tingkatkan kewaspadaan dan menyatakan wilayah yang tak jauh dari bantaran sungai dinyatakan siaga I serta menyiapkan petugas juga perahu karet untuk bisa cepat menanggulangi banjir apabila debit air meningkat,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga Talang Pipa, Reni(38) mengatakan. Di wilayah Talang Pipa banjir sudah dalam. ” Ketinggian air udah mencapai 2 Meter jadi kami dak biso berbuat apo lagi. Yang kami harapkan kepada Pemerintah untuk dapat meninjau lokasi kami,”kata Reni kepada Kabarserasan.com, Selasa (15/11/2016).

Lanjut Reni bahwa sungai abab meluap sudah 2 hari yang lalu. ” Ditambah semalam hujan jugo, jadi di Talang Pipa saat ini tambah dalam,”pungkasnya.(Her).

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

Leave a Reply