Banjir di Lawang Kidul, Camat Rahmat Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Camat Lawang Kidul Rahmat Noviar saat meninjau daerah yang terkena musibah banjir

Tanjung Enim, Kabarserasan.com – Camat Lawang Kidul Drs Rachmat Noviar MSI memastikan tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Lawang Kidul.

Hanya saja kata Rahmat, masyarakat yang terkena musibah ini mengalami kerugian materi yang cukup besar. ” Banyak Warga yang tak sempat menyelamatkan barang-barannya,” kata Rahmat disela-sela aktifitasnya meninjau lokasi banjir, Senin (14/11/2016).

Rahmat menuturkan,  begitu mendapatkan laporan, pihaknya langsung melakukan koordinasi keberbagai pihak dan memonitor bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk segera dilaporkan.

“Langkah-langkah yang sudah kita lakukan adalah memantau langsung dan juga menghubungi pihak-pihak terkait untuk meminta bantuan seperti PTBA, PT Pama dan perusahaan-perusahaan lainnya yang ada untuk menurunkan tim rescuenya dan membuka dapur umum, alhamdulillah langsung di tanggapi,”ucapnya.

Dia juga menepis isu yang beredar yang mneyebutkan banjir kali ini terjadi akibat ada tanggul/dam yang jebol di daerah Semendo.

” Itu  tidak benar. Saya pernah bertugas di daerah Semendo dan tidak  ada danau ataupun dam bendungan, jadi tidak mungkin ada yang bendungan yang jebol. Musibah banjir ini terjadi murni karena intesitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini,” jelasnya.

Sementara ‎Kapolsek Lawang Kidul AKP Yosef Rizal SH menjelaskan, sejak habis shubuh banjir mulai terpantau di beberapa titik di wilayah Tanjung Enim, setelah sebelumnya mendapatkan laporan dari masyarakat.

” Banjir terpantau bermula dari lokasi bawah jembatan lama PTBA, arah menuju ke lokasi tambang dan pemukiman Talang Jawa, air sungai terlihat mulai meninggi hingga hampir menyentuh lantai jembatan,” terangnya.

Kemudian dia langsung melakukan antisipasi dengan mengumpulkan anggota polisi untuk di sebar di beberapa titik guna memantau dan melakukan pengamanan.

” Kalo soal banjir itu kan masalah alam kan? Namun kita ingin mengamankan barang-barang masyarakat yang dikeluarkan dari dalam rumah yang terendam agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan serta mengamankan dan mengatur arus lalu lintas agar lancar,” tutupnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply