Ada Lubang Besar, Jembatan Pelawaran Rawan Kecelakaan

Lubang di pangkal jembatan Pelawaran bahayakan pengendara

Muara Enim, Kabarserasan.com  – Kondisi jembatan Pelawaran kelurahan pasar 1, kecamatan Muara Enim, sudah mengkhawatirkan.

Pantauan Kabarserasan di lapangan hari (Rabu 9/11/2016)) di pangkal jembatan terlihat lubang besar yang bisa membahayakan pengendara.

Salah seorang warga Pelitasari Iyan cagul mengatakan, penyebab terjadinya lubang pada pangkal jembatan itu adalah arus sungai yang sangat deras saat hujan.

Iyan  menambahkan, air hujan langsung mengalir ke sungai melalui jembatan itu akiabt line clearing (pembersihan lahan) yang dilakukan oleh perusahaan penambangan.

” Air langsung kearah sungai tidak ada resapan air lagi,” kata Iyan yang juga seorang aktifis lingkungan di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Dosar Warga Pelawaran, meminta pihak terkait segera memperbaiki lobang besar yang ada di pangkal jembatan tersebut.

” Jika lobang pada pangkal jembatan pelawaran tidak segera diperbaiki, saya khawatir akan tambah rusak. Hal tersebut tentu membahayakan pengguna jalan. Jika terus dibiarkan, tidak menutup kemungkinan jembatan tersebut akan longsor,” ujarnya.

Dosar mengingatkan, pengguna jalan baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua agar berhati-hati saat melintas di jembatan tersebut.

” Sudah banyak kendaraan yang melintas di jembatan tersebut mengalami kecalakaan karena adanya lobang tersebut,” lanjutnya.

Pihak yang bertanggung jawab atas masalah tersebut adalah Dinas PU Bina Marga. Kadin Bina Marga melalui Kasi Pemeliharaan Jembatan, Ari Jonathan mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk memperbaiki jembatan tersebut.

” Kita telah menurunkan tim ke lokasi jembatan tersebut dan sudah menganggarkan untuk perbaikan jembatan tersebut pada 2017. Mudah-mudahan dapat disetujui dan dilaksanakan pelelangan mengingat jembatan tersebut merupakan akses masyarakat di wilayah Pasar I  dan sekitarnya,” kata Ari kepada awak media.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Ace

Leave a Reply