SSB Bintang Muda PALI Siap Cetak Bintang Sepak Bola

Pesepak bola muda SSB Bintang sedang berlatih

PALI, Kabarserasan.com – Untuk mengasah bakat terpendam anak-anak PALI di bidang olahraga sepakbola, Damar Wulan SPd Or dan suadara kembarnya Damarsari SPd Or mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) yang diberi nama Bintang Muda PALI.

SSB Bintang Muda PALI berlatih setiap hari Lapangan sepakbola yang berada di  Desa Purun Kecamatan Penukal Kabupaten PALI, tepatnya di depan SDN 14 Penukal. Semenjak dibuka bulan lalu, saat ini sudah lebih dari 40 peserta didik usia 9 sampai 12 tahun yang ikut berlatih.

” Kita berinisiatif mendirikan SSB untuk mendidik anak-anak PALI agar piawai memainkan si kulit bundar,” ata Damar via ponsel Jumat, (04/11/2016).

Menurut  dua alumnus Universitas PGRI Palembang jurusan Olahraga ini mendirikan SSB merupakan bentuk kecintaan mereka pada sepakbola. ” Selain itu anak-anak butuh wadah dan kesempatan untuk mengembangkan hobby serta bakat mereka. PALI juga butuh kaderisasi atlet sepakbola yang bisa diandalkan,”jelasnya.

Kedua pemuda kelahiran 10 Oktober 1988 yang pernah merumput pada kompetisi hingga tingkat regional itu menambahkan, antusiasme masyarakat terhadap SSB ini sangat tinggi, terbukti orangtua yang mendaftarkan putranya terus bertambah.

“Metode latihannya terdiri dari gemblengan fisik dan mental yang disesuaikan untuk anak-anak. Diharapkan mereka selain piawai dalam bermain bola juga mempunyai mental yang penuh sportivitas, jujur dan berakhlak. Jadwal latihannya setiap hari pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB,” tuturnya.

Sedangkan instruktur terdiri dari 4 orang, yang semuanya merupakan sarjana olahraga dan telah mempunyai berbagai sertifikasi keahlian sepakbola, termasuk  tim medis yang sudah bergelar SKep Ners.

Namun, karena pendanaan operasional yang belum ada, tukas Damar, SSB Bintang Muda PALI saat ini terpaksa membebankan biaya pada peserta didiknya sebesar Rp20 ribu per bulan.

“Kita belum ada donatur. Untuk biaya operasional dan alat-alat pendukung latihan kita masih pakai dana sendiri, dan dibantu oleh bea sumbangan dari siswa Rp20 ribu per bulan.”

Damar berharap pemerintah Kabupaten PALI melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) maupun Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kiranya bisa menganggarkan bantuan untuk SSB tersebut.

” Kita membutuhkan rangkulan dan uluran tangan semua pihak, terutama Pemkab PALI, agar SSB ini bisa berjalan dengan baik, dan pada akhirnya akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas.”

Terpisah  Ketua Harian KONI PALI  Hendrik, mengatakan bahwa KONI sangat mendukung berdirinya SSB Bintang Muda PALI. Ia  menjelaskan bahwa pengurus SSB Bintang Muda PALI sudah berkoordinasi dengan pihak KONI PALI. ” Dalam waktu dekat kita akan meninjau langsung kegiatan latihan para peserta didik,”kata Hendrik via ponsel,Jumat(04/11/2016).

Lanjut Hendrik, sebetulnya mereka berencana Minggu kemaren tanggal (30/10/2016) akan  meninjau ke sana, namun karena ada event road race, sehingga kita undur lagi minggu depan,” tuturnya.

Ta juga berjanji akan mengkondisikan agar kiranya ke depan SSB ini bisa mendapat anggaran biaya secara rutin. ” Untuk menjamin keberlangsungan kegiatan belajar dan latihan yang semakin baik,”ujarnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here