Antisipasi Konflik Pilkada Kesbangpol Jambi Rapat Mendadak

Foto: Kabarserasan.com/ By Azhari Sultan

Jambi, Kabarserasan.com—Imbas dari aksi aksi unjuk rasa besar-besaran 4 November besok di Jakarta, itu, diakterkait dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok sekelompok masyarakat di kalangan umat Islam, Kantor Kesbangpol Provinsi Jambi, Kamis ((03/11/2016) mengundang seluruh Kepala Kantor Kesbangpol kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi.

Kepala Kesbangpol Provinsi Jambi Ali Dasri mengatakan, pertemuan mendadak itu , untuk melakukan pembahasan secara mendalam potensi konflik di Provinsi Jambi, dikaitkan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak di daerah ini. Di situ dibicarakan, langkah-langkah antisipasi agar konflik seperti di Jakarta tidak terjadi.

“Kita tidak ingin Pilkada Serentak di tiga kabupaten, yakni Sarolangun, Tebo dan Muarojambi ikut memanas seperti di Jakarta,” tuturnya di hadapan pimpinanTNI, Polri, BIN, Kejari se Provinsi Jambi yang ikut diundang dalam pertemuan tersebut.

Karena itu, Ali meminta semua unsur yang tergabung dalam Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial (PKS) di Provinsi Jambi itu untuk melakukan langkah antisipasi potensi konflik sosial sejak dini, di wilayah kerja masing-masing.

Diantara, lanjut Ali, dengan melakukan koordinasi seluruh unsur terkait termasuk para tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan adat serta lainnya dengan cara deteksi dan cegah dini terjadinya potensi konflik sosial ditengah masyarakat.

“Semua yang terlibat tersebut harus berperan aktif menjaga kerukunan sosial. Duduk bersama. Ada masalah cepat diselesaikan jangan menunggu hingga menjadi konflik yang lebih besar lagi,” harapnya.

Ke depan, Dia meminta setiap daerah memiliki data peta konflik, sehingga jika muncul potensinya bias rmudah diantisipasi sejak awal.

“Jaga selalu keamanan, hindari adanya konflik yang merugikan semua pihak. Jadikan Jambi lebih baik ke depannya,” imbau Ali. (azi)

 

 

 

Leave a Reply