Pemuda Serasan Gelar MTQ di Desa Aremantai SDU

Salah satu peserta Lomba MTQ di Desa Aremantai SDU

Muara Enim, Kabarserasan.com – Dalam rangka memperingati HUT Sumpah Pemuda ke 88 Tahun 2016 Organisasi Masyarakat (Ormas) Ikatan Pemuda Serasan Peduli Pembangunan Daerah (IPSPPD) Kabupaten Muaraenim memilih menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Aremantai  Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU). Ketua ormas IPSPPD Jumantri mengatakan, mereka sengaja sudah merencanakan jauh hari akan menggelar kegiatan tersebut. ” Salah satu yang menjadi alasan, agar kaum muda di Muara Enim khususnya di wilayah Semende tidak melupakan atau meninggalkan tradisi religi yang sejak dulu memang menjadi ciri khas masyarakat Semende,” kata Jumantri, akhir pekan lalu.

MTQ kali ini peserta terdiri dari anak-anak dan remaja. ” Hal ini disesuaikan dengan tema HUT Sumpah Pemuda. Peserta yang ikut sebanyak 70 orang. Kedepan kita harapkan  peserta yang ikut akan lebih banyak lagi,” jelasnya.

Tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti dan mendukung kegiatan tersebut menurut Jumantri jelas memberikan gambaran, jika masyarakat Semende sangat menghargai kegiatan-kegiatan yang bernilai religious.

“Kita sangat berterimakasih kepada masyarakat Semende atas dukungan kepada kita dalam menggelar kegiatan MTQ kemarin,”ujarnya.

Sementara tokoh masyarakat Muara Enim Anwar Kohar mengapresiasi kegiatan yang digelar ormas IPSPPD dengan menggelar MTQ untuk kaum muda.” Tidak sedikit kaum muda yang meninggalkan kegiatan dengan tema religi dan kerohanian. Mereka lebih memilih pada kegiatan yang bisa dikatakan mubazir,” tuturnya/

Menurut Anwar, dipilihnya lokasi kegiatan di wilayah Semende adalah hal yang sangat tepat. Karena selama ini masyarakat Semende terkenal dengan kereligiusannya. Dimana masyarakatnya masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

“Pemilihan lokasi di wilayah Semende khususnya di SDU itu sangat tepat dan sesuai, karena nilai religius disana masih sangat tinggi,”jelasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Ace

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here