Pemkab Berharap Industri Kopi Muara Enim Lebih Variatif

Pemkab Muara Enim memfasilitasi Terwujudnya Kerjasama Antara Usaha Besar dan Usaha Kecil Menengah Tahun2016.

Muara Enim, Kabarserasan.com – Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan bertajuk Peningkatan Fasilitasi Terwujudnya Kerjasama Antara Usaha Besar dan Usaha Kecil Menengah Tahun 2016.
Bupati Muara Enim yang diwakili Sekda Hasanudin mengatakan, dalam rangka membangun investasi yang produktif perlu dilakukan kerjasama dengan pola kemitraan antara investor dengan masyarakat sekitarnya khususnya pada para UMKM dan Koperasi yang saling membutuhkan, menguntungkan kedua belah pihak untuk mewujudkan perbaikan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

“ Bentuk kerjasama usaha antara usaha kecil dengan usaha menengah dan atau usaha besar disertai pembinaan dan pengembangan oleh usaha menengah dan atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan,” kata Hasanudin di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, awal pekan lalu.

Hal ini dimaksudkan  dalam rangka meningkatkan kemandirian dan daya saing sehingga dapat
menumbuh kembangkan perekonomian di Kabupaten Muara Enim dan perekonomian Nasional secara umum melalui UMKM dan Koperasi

Hasan menjelaskan, kegiatan peningkatan Fasilitasi terwujudnya kerjasama strategis antara usaha besar dan usaha kecil menengah Tahun 2016 bertujuan untuk pengembangan usaha bagi pengusaha mikro kecil menengah dan koperasi (UMKM) sektor komoditi kopi.

“ Kepada para peserta pengolah kopi kiranya dapat bekerjasama dengan Balai Riset dan Standarisasi (Baristand) Industri Palembang dapat melakukan pelatihan dan pembinaan dalam
rangka berinovasi terhadap produk kopi menjadi kopi yang bervariasi seperti kopi rasa stroberi, rasa durian dan sebagainya sesuai dengan potensi yang ada di Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Sementara kepada PT Indo Cafco, Hasanudin meminta agar perusahaan yang bergerak di industri kopi ini dapat membantu petani kopi dengan dana CSR.

“ Kita minta, PT. Indo Cafco untuk mendampingi dan membina tentang tata cara berkebun kopi yang baik sehingga dapat menghasilkan kualitas yang baik serta membantu memasarkan hasil produk kopi yang sudah dilatih dan Sertifikasi oleh  Balai Riset dan Standarisasi (Baristand) Industri Palembang tersebut melalui Dana Program Corporate Social Responbility (CSR),” harap Hasanudin.

“ Untuk para Camat, saya minta agar dapat memberikan pengarahan dan petunjuk kepada para investor yang menanamkan modalnya dimasing-masing wilayah agar bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sesuai dengan prosedur serta peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Ace

Leave a Reply