Kapolri dan Panglima TNI Siap Amankan Pilkada

Foto: Kompas.com

Jakarta, Kabarserasan.com—Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, menyatakan pasukan mereka siap mengamankan jalannya pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak yang puncaknya akan dilaksanakan 15 Februari 2017 mendatang.

Demikian ditegaskan kedua pimpinan Polri dan TNI itu, usai dipanggil Presiden Joko Widodo di istana Jakarta, Senin (24/10/2016) siang. Dalam pertemuan yang dihadiri seluruh Pangdam dan Kapolda se Indonesia itu, Presiden Jokowi memberi arahan, tentang pentingnya pesta politik ini berjalan lancar dan aman.

“Dari jajaran TNI dan Polri kami sudah sepakat dengan Bapak Panglima untuk semua lini dari atas sampai ke bawah, dari pusat sampai provinsi, kabupaten, Kota, kecamatan, sampai tingkat Babinsa, Babinkamtibmas. Juga dengan Bapak Mendagri tadi, dengan lurah dan kepala desa, kita sepakat untuk besama-sama menjaga stabilitas kamtibmas,” ucap Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Kapolri berharap Pilkada 2017 yang akan digelar di 101 daerah ini tidak dicederai dengan kegiatan yang melanggar hukum, dan ketidaksepahaman yang terjadi agar diselesaikan secara hukum alias tidak main hakim sendiri atau berbuat anarkis.

“Ini tentunya kita harus jaga bersama-sama. Dalam hal ini kami dari Polri tentunya sangat berkomitmen untuk menjaga stabilitas kamtibmas bersama-sama dengan TNI dan seluruh stakeholder lainnya,” tambah Kapolri.

Sikap sama disampaikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, bahwa TNI siap mendukung Polri mengamankan jalannya Pilkada Serentak 2017, dengan mengerahkan segala kekuatan yang dimiliki TNI.

“Saya tegaskan di sini bahwa TNI berpihak pada stabilitas keamanan. Dan TNI menyiapkan segala daya dan kekuatan yang ada untuk mem-back up kepolisian, apabila ada hal yang berusaha untuk merusak stabilitas keamanan bangsa ini,” kata Panglima TNI.

Penegasan pimpinan Polri dan TNI ini, sejalan dengan telah ditetapkannya pasangan calon (Paslon) yang akan berkompetisi di 101 daerah penyelenggara Pilkada, oleh KPU masing-masing daerah itu, di hari yang sama. (Junel)

Leave a Reply