Muzakir Bangga SMK Muara Enim Mampu Bersaing

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mencoba salah satu karya siswa SMK

Muara Enim, Kabarserasan.com – Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar merasa bangga atas prestasi yang telah diukir siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Muara Enim.Muzakir menjelaskan, siswa SMK Kabupaten Muara Enim mampu bersaing dengan siswa dari daerah lain. Hal ini terlihat di ajang provinsi, nasional bahkan internasional siswa SMK asal Muara Enim tetap mampu meraih prestasi.

” Untuk ajang provinsi, pada 2016 peserta LKS yang diwakili SMKN 1 dan SMKN 2 Muara Enim berhasil mejuarai beberapa katagori, misalnya teknik pengelasan, perkantoran dan Akuntansi. Bahkan untuk bidang Agronomi yang diwakili SMK N 1 Gelumbang berhasil meraih juara ketiga pada olimpiade fisika terapan yang berlangusng di Georgia, Eropa,” kata Muzakir saat membuka acara Gebyar SMK Se Kabupaten Muara Enim di Gedung Kesenian Dayang Rindu, Selasa (18/10/2016).

Pada kegiatan ini Muzakir berharap akan terjaring juara-juara yang betul-betul kompeten untuk mewakili Muara Enim di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

Untuk itu Muzakir menegaskan agar para juri yang terlibat mealakukan penilaian secara obyektif dan jujur. ” Siapapun yang menjadi pemenang adalah putra-putri terbaik kita di Kabupaten Muara Enim,” tegasnya.

Sementara Ketua MKKS (Musyarawah Kerja Kepala Sekolah) SMK Kabupaten Muara Enim sekaligus ketua panitia kegiatan Misniati S.Pd M.Si mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mencari putra-putri terbaik yang kompeten sebagai wakil dari Muara Enim untuk LKS tingkat provinsi Sumatera Selatan pada 2017.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga untuk meningkatkan mutu lulusan SMK agar mampu bersaing mengisi formasi kerja dan membangun motivasi siswa SMK agar lebih kompetitif. ” Ajang ini juga untuk mempromosikan SMK kepada dunia usaha /dunia industri serta membangun sikap mental wirausaha dikalangan pelajar,” kata Misniati.

Misniati menjelakan lomba kompetensi siswa (LKS) ini terbagi dalam 17 katagori dan diikuti 55 orang siswa. ” Pesertanya berasal dari 19 SMK Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Muara Enim,” jelasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Ace

Leave a Reply