Wabup Ferdian: Bidan Ujung Tombak Kesehatan Masyarakat Desa

Wakil Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony S.Kom MM mengatakan, bidan merupakan tugas yang mulia, yang harus menjadi contoh bagi seluruh masyarakat PALI. Apalagi bidan desa, walaupun teriknya matahari maupun berbagai rintangan, tetap menjalankan tugas untuk melayani masyarakat,”kata Ferdian dalam pidatonya di Gedung Pesos, Kamis (01/09/2016).

Menurut Ferdian, Bidan merupakan ujung tombak kesehatan, dalam sifat kinerja harus meningkatkan dan kualitas kerja. Pihaknya meminta pak  Bupati memberikan insentif kepada bidan,

Terkait dengan permintaan agar bidan mendapat insentif, wabub akan berkoordinasi dengan bupati terlebih dahulu. ” Silahkan  IBI  bisa memasukkan permohonan atau usulan terkait Insentif tersebut baik secara lisan maupun secara tertulis,”ujarnya.

Sementara itu Ketua IBI Kabupaten PALI, Kasmiati AM.Keb. mengungkapkan, dalam perayaan HUT bidan ke 65 ini, selain menggelar Seminar Kesehatan IBI juga meengukuhkan kepengurusan dan anggota Bidan Delima.

” Anggotanya yang dikukuhkan baik kepengurusan maupun anggota berjumlah 423 orang dan dikukuhkan langsung di kota Jakarta beberapa waktu yang lalu,”ucap Kasmiati Kamis,(01/09/2016).

Lanjut Kasmiati dalam kategori Bidan Delima tersebut merupakan bidan yang profesional dan mempunyai validasi khusus. Mereka memiliki keahlian yang cukup dibandingkan bidan lainnya. ” Peran bidan sangatlah dibutuhkan, apalagi di desa. Tanpa adanya bidan di perdesaan otomatis masyarakat kebingungan mau kemana. Jadi peran bidan sangatlah penting patut di beri penghargaan,”ujarnya.

Terpisah Kadinkes dr.Eni Zatillah, Mkm, mengungkapkan bahwa bidan yang berperan penting untuk membantu dokter apalagi didesa.” Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, di tiap desa ditempatkan 4 orang bidan,” kata dr Eni.

” Kita terus berupaya membina bidan agar bisa meningkatkan kualitasnya,” tambahnya.

Lanjut Eni dalam usia 3 tahun ini, pihaknya diperintahkan Bupati dan Wakil Bupati untuk bagaimana menciptakan kinerja yang profesional, dan mempercepat roda pemerintahan khususnya sektor kesehatan. ” Saat ini hanya 1 rumah sakit, yakni RSUD Talang Ubi yang memiliki kualitas dibidang pelayanan,”pungkasnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amri

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply