Kadisbun Muara Enim Ir Mat Kasrun Msi : Tingkatkan Hasil Perkebunan dengan Hilirisasi

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim Ir Mat Kasrun mengatakan rendahnya harga-harga komoditi tersebut mengakibatkan tenaga kerja disektor ini banyak beralih ke pekerja lain.

“ Ini salah faktor penyebab menurunnya kontribusi sub sektor perkebunan terhadap pertumbuhan PDRB maupun pendapatan per kapita masyarakat Kabupaten Muara Enim,” kata Mat Kasrun kepada Kabarserasan, kemarin.

Saat ini, Tak banyak upaya yang bisa dilakukan Disbun Muara Enim. Upaya yang dilakukan Disbun saat ini adalah dengan memperbaiki mutu komoditi perkebunan.

” Hal ini wajib kita laksanakan. Karena untuk karet, sawit dan kopi harus mengikuti standar mutu yang ditetapkan oleh eksportir,” jelasnya.

Menurut Mat Kasrun yang terpenting yang harus saat ini adalah hilirisasi. ” Kita  jangan hanya mengekspor bahan mentah saja,  tapi harus diupayakan barang jadi,” ujarnya.

Hal ini sudah diwacanakan pemerintah pusat yang akan membangun pabrik-pabrik di daerah-daerah. Misalnya pabrik minyak goreng, pabrik ban dan sebagainya.

Secara Umum Muara Enim siap. Bahkan kita sudah menyiapkan kawasan industri dan akan mempermudah perizinan. ” Mau bangun pabrik ban, karpet atau sabun kita sudah punya tata ruang untuk kawasan industri. Bahan baku kita berlimpah. Dan ini sudah kita sosialisasikan bahwa Muara Enim siap,” jelas Mat Kasrun.

Penulis; Khairul Amri
Editor: Amr
 

 

 

 

Leave a Reply