Bangun Dilahan Milik Perusahaan, PU CK PALI Dinilai Langgar Aturan

Pasalnya jalan setapak yang menghabiskan dana Rp 33.526.000 tersebut dibangun di lahan milik Pertamina EP Asset 2 Pendopo.

Asmen PT.Pertamina Asset 2 Tutti Dwi Patmayanti melalui Humas Nursiela  mengatakan  hingga saat ini belum ada pemberitahuan dan koordinasi dari Pemkab PALI.

” Kami sudah berusaha berkoordinasi dengan pihak PU CK. Namun ternyata Jalan tersebut sudah bangun,” kata Nursiela saat dihubungi Kabarserasan.com, Sabtu (13/08/2016).

Sementara Ketua Umum LSM SIGAP Sumsel Suhaimi Dahalik,SH mengatakan, sebelum dibangun harus diketahui dulu status tanhanya. ” Jika pembangunan jalan setapak itu dilahan Pertamina itu benar, PU CK sudah menyalahi aturan, “kata Suhaimi via ponsel Sabtu sore,(13/08/2016).

Suhaimi menjelaskan, Jika lahan itu milik perusahaan harus dihibahkan terlebih dahulu kepada pemerintahan daerah, agar pada saat pemeliharaan jalan tidak sulit. ” Dana tersebutkan menggunakan APBD Kabupaten, bukan dana perusahaan,” ujarnya.

Suhaimi mempertanyakan pembangunan jalan setapak itu. Menurut dia, seharus pemerintah tidak membangun di lokasi tersebut. ” Kenapa mau membangun dilokasi punya perusahaan ?, kenapa harus pemerintah yang membangun jalan milik perusahaan ?. Apakah perusahaan tidak mampu membangun jalan sendiri ? Seharusnya perusahaan itu yang harus membantu pemerintah bukan pemerintah yang membantu perusahaan,” tegasnya.

Lanjut dia, sebelum membangun harus ada perencanaan terlebih dahulu. Apalagi menggunakan dana APBD, itu melalui pengesahan legislatif, masuk perencanaan atau tidak. Kalau belum itu sudah menyalahi aturan. ” Bupati harus tegas dan bisa melihat langsung kelapangan supaya tahu pekerjaan bawahannya. Jangan sampai tidak tahu apa yang di kerjakan oleh SKPD. Apabila ada oknum kepala SKPD yang melanggar aturan harus ditindak tegas dan diberikan sangsinya berat,”ujarnya.

Sementara Kepala PU Cipta Karya Putra saat dihubungi untuk mengkonfirmasi hal tersebut tidak memberi tanggapan. Saat dihubungi ada nada panggil, tapi tak di angkat dan di sms pun tetap tak ada jawaban.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here