Peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa Sangat Penting Cegah Konflik

Menurut Dandim dengan adanya gapura tersebut paling tidak untuk mengingatkan pihak Provinsi agar lebih konsen dan serius untuk secepatnya menyelesaikan masalah tapal batas.

Kemudian masalah konflik sosial, petugas Bhabinkamtibmas untuk lebih peka, dan jika ada permasalahan konflik untuk secepatnya menyampaikan permasalahan guna dicarikan solusi.

” Untuk pembakaran hutan, kita sudah mengeluarkan kebijakan dengan membentuk tim pemburu pembakar lahan,” kata Letkol Jamaludin  dalam rapat gabungan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) di aula Bappeda Muara Enim, Kamis (4/08/2016).

Selama ini, kata Jamal, pihak merasa dikerjai oknum yang melakukan pembakaran hutan. ” Kita sudah meminta kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk terus mensosialisasikan untuk tidak lagi melakukan pembakaran hutan,” jelasnya.

Sementara, Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk bersama-sama mencari akar permasalahan dan solusi penyelesaian konflik secara dini. ” Sebagai ujung tombak, peran Bhabinkamtibmas dan Babin serta intel sangat penting,” kata Kapolres.

Kedepan, lanjut dia, sekecil apapun permasalahan anggota bisa secepat mungkin melaporkan kejadian tersebut ke pimpinan sehingga jika timbul permasalahan bisa cepat diatasi atau dicarikan solusinya.

“Saya minta kemampuan intel ditingkatkan, jangan sampai wartawan nanya ke saya, ternyata saya belum tahu informasinya,” tegas Kapolres.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

 

 

 

Leave a Reply