Reshuffle Jilid II: Rizal Ramli Keluar, Sri Mulyani dan Wiranto Masuk

Pelantikan Menteri Hasil Reshuffle II

Jakarta, Kabarserasan.com – Presiden Republik Indonesai Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan sejumlah menteri yang diganti dan yang digeser posisinya.

Didampingi Wapres Jusuf Kalla dan Seskab Pramono Anung, pengumuman hasil reshuffle jilid II dilakukan di teras belakang Istana Merdeka, Rabu (27/07/2016).

Presiden Jokowi mengatakan, reshuffle dilakukan untuk menguatkan kinerja kabinet. “Saya berusaha kabinet kerja bisa bekerja lebih cepat, dalam tim yang solid dan saling mendukung,” kata Jokowi.

Seperti telah diduga sebelumnya, Rizal Ramli tidak lagi berada disusunan Kabinet. Selain itu Ignasius Jonan juga tidak lagi terdaftar. Nama populer yang kembali masuk kabinet adalah Sri Mulyani. Dia Didapuk Presiden Jokowi untuk mengisi pos menteri Keuangan. Yang Mengejutkan Wiranti masuk. Ketua Partai Hanura ini mengisi pos Menko Polhukan.

Berikut daftar lengkap hasil reshuffle Kabinet Kerja jilid II:

1. Menko Kemaritiman: Luhut Binsar Panjaitan menggantikan Rizal Ramli. Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya menjabat sebagai Menkopolhukam

2. Menteri PPN/Ka Bappenas: Bambang Brodjonegoro Menggantikan Sofyan Djalil. Sebelumnya Bambang Brodjonegoro menjabat sebagai Menkeu.

3. Menteri ATR / Ka BPN: Sofyan Djalil menggantikan Ferry Mursidan Baldan. Sebelumnya Sofyan Djalil menjabat sebagai Menteri PPN/Ka Bappenas

4. Menko Polhukam: Wiranto menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

5. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati menggantikan Bambang Brodjonegoro.

6. Menteri Desa dan PDTT: Eko Putro Sandjojo menggantikan Marwan Jafar

7. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi menggantikan Ignasius Jonan.

8. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Muhadjir Effendy menggantikan Anies Baswedan.

9. Menteri Perdagangan: Enggartiasto Lukita menggantikan Thomas Lembong yang digeser menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

10. Menteri Perindustrian: Airlangga Hartarto menggantikan Saleh Husin.

11. Menteri ESDM: Archandra Tahar menggantikan Sudirman Said

12. Men PAN RB: Asman Abnur menggantikan Yuddy Chrisnandi.

13. Kepala BKPM: Thomas Trikasih Lembong menggantikan Franky Sibarani. Sebelumnya, Tom menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Dia masuk ke dalam kabinet saat reshuffle jilid I pada bulan Agustus 2015.

Editor: Amri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here