Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1437 H Rabu 6 Juli 2016

Foto: Islamedia.id

Jakarta, Kabarserasan.com – Hasil Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1437 H atau Lebaran Idul Fitri 2016 akhirnya diputuskan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Rabu 6 Juli 2016.

Dengan demikian, besok Umat muslim di Indonesia masih harus melaksanakan puasa dan Sholat Idul Fitri akan dilaksanakan di hari Rabu 6 Juli 2016.

Kementerian Agama  menggelar sidang isbat guna menentukan awal Syawal atau lebaran Idul Fitri, Senin (4/7/2016). Sidang dimulai pukul 17.00 WIB oleh Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag terkait posisi hilal secara astronomis pada 29 Ramadan 1437H/2016.

“Setelah solat Magrib, dilaksanakan sidang isbat yang dilakukan secara tertutup, seperti tahun lalu,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Proses penentuan awal Syawal menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriyah. Hal itu sebagaimana diatur di dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Menurut Menag, fatwa itu juga mengatur kewajiban Kemenag untuk berkonsultasi dengan MUI, ormas-ormas Islam dan instansi terkait sebelum menentukan ketiganya.

“Selama ini, pemerintah Indonesia mengkuti fatwa MUI yang lahir tahun 2004. Di situ dinyatakan bahwa  pemerintah mendapatkan kewenangan untuk menetapkan dengan dua metode, yaitu hisab dan rukyat. Dua-duanya digunakan,” kata dia. (Amr/Rdi)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here