Nilai Islam Agama Istimewa, Acong Jadi Muallaf

Acong yang sebelumnya penganut Konghucu mengikrarkan diri menjadi seorang muslim di Kantor Urusan Agama (KUA) PALI, kemarin (Senin 30/05/2016). Setelah menjadi muslim Acong pun mengganti namanya menjadi Syamsudin.

Acong alias  Syamsuddin menuturkan, sebetulnya keluarganya sudah banyak yang telah menjadi muslim. Dia sendiri tergerak menjadi penganut agama rahmatan lil alamin baru tahun ini.

“Saya yakin bahwa setiap agama bagus,  tetapi Islam adalah agama yang istimewa sehingga hati saya tergerak untuk menganut agama Islam. Apalagi keluarga saya juga sudah banyak yang pindah ke agama islam,” kata Acong di Talang Ubi, Selasa (31/05/2016).

Kepala Kantor Urusan Agama( KUA) Kecamatan Talang Ubi Ibrahim,SAg,MH kami mengatakan, setelah Syamsudin (Acong) pihaknya akan segera menerbitkan surat keterangan.  ” Setelah masuk Islam akan dikeluarkan surat resmi oleh kantor Urusan Agama Talang Ubi. Sebelum masuk Islam dia masih bernama Acong setelah resmi menjadi Islam dia langsung  berganti nama manjadi Syamsuddin,” ujar Ibrahim.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten PALI H.A Mughni Zaein mengungkapkan, Syamsudin menjadi muallaf atas keinginan dirinya sendiri.

” Dalam Islam tidak boleh ada pemaksakan kepercayaan pada orang lain.  Dalam UU juga diatur demikian. Begitu juga sebaliknya, agama lain tidak boleh menghasut umat Islam untuk masuk ke agama tertentu,” kata Mughni kepada Kabarserasan.com, Selasa (31/05/2016).

Lanjut Mughni dari MUI sendiri yang akan berkodinasi sama KUA tidak akan melepaskan Syamsuddin alias Acong begitu saja. ” Dia baru masuk Islam,  jadi kita harus banyak memberikan bimbingan agama. Agar dia bisa beribadah sesuai dengan tutunan agama Islam,” ujarnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here