Pemkab PALI Gelar Operasi Katarak Gratis

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI dr Eni Zatillah M.Km mengatakan operasi katarak gratis ini bagaian program kerja dari bupati Ir Heri Amalindo MM, melalui Dinas Kesehatan.

” Operasi katarak gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu. Secara bertahap bagi masyarakat yang ingin beroperasi silakan mendaftarkan dirinya ke Dinas Terkait, maupun Puskesmas terdekat. Kegiatan  ini dilaksanakan secara serentak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Talang Ubi,”kata Eni Kepada Kabarserasan.com, Senin (23/05/2016).

Menurut dr Eni, Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Jumlah pasien yang terdata meningkat dan pasien diambil dari setiap kecamatan yang ada dikabupaten PALI melalui rujukan dari Puskesmas setempat.

” Pada awal program, ada 60 pasien yang terdaftar sebagai penerima operasi katarak. Pada 2016 meningkat menjadi 100 pasien yang sudah terdata serta siap untuk dilaksanakan operasi pada hari ini. Semua pasien adalah masyarakat PALI yang memang kurang mampu,” tuturnya.

Sementara itu Bupati PALI melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan A.Rifa’i SH mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk keperdulian  pemerintahan kepada masyarakat. , bagi masyarakat tidak mampu, program ini merupakan program pusat kemenkes RI, untuk

“Operasi ini tidak ada pungutan sedikitpun, baik itu administrasi maupun sebagainya. Bagi yang kedapatan memungut secara liar, maka silakan datang dan melaporkan kepada dinas terkait,” tegasnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

 

 

 

Leave a Reply