Pemkab PALI Gelar Rapat Penanganan Konflik Sosial

Rapat yang berlangsung di Aula Kantor Bupati PALI ini dihadiri oleh Badan Intelijen Provinsi Sumsel, Dandim 0404 Muaraenim, Danramil 404-03 Pendopo Talang Ubi, Kapolres Muaraenim, Kapolsek Talang Ubi, Anggota DPRD PALI Aca Cholik Darlin, Plt Sekda PALI, beberapa SKPD Kaban KesbangPol PALI serta komunitas dan organisasi tentang kesosial.

Bupati Ir Heri Amalindo MM melalui Plt Setda  PALI Robby Kurniawan SStp MSi, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mempercepat roda pemerintahan. ” Usia PALI yang baru 3 tahun ini masih perlu banyak pembenahan, Khususnya apabila adanya konflik tentang kesosialan,”kata Robby di Talang Selasa (03/05/2016).

Bupati menyadari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) PALI masih sangat minim dan perlu banyak pembenahan. “Seluruh jajaran SKPD harus banyaklah belajar dan berupaya melakukan pembenahan. Sesama SKPD harus bersenergi satu sama lainnya,” ucapnya.

Lanjut Robby, untuk menciptakan SDM kualitas bukanlah hal mudah, perlu banyak belajar. ” Seluruh SKPD harus memiliki jiwa komunikasi yang inovatif dan kreatif dibidangnya. Jangan pernah merasa puas dalam segala hal, bila perlu belajar lah di tetangga sebelah dan dalam bekerja harus memiliki jiwa cepat dan tepat,”ujarnya.

Sementara itu Kaban Kesbangpol Kabupaten PALI Rusmin Naryadin SPd MM menambahkan rapat ini juga bertujuan untuk  membagi ilmu tentang bagaimana menangani konflik sosial. ” Kami mendatangkan narasumber dari Kesbangpol Provinsi Sumsel Ali Amin,” kata Rusmin.

Dalam rapat ini seluruh SKPD dan unsur muspika diundang untuk hadir, sebab diwajibkan belajar menangani konflik sosial.

Lanjut Rusmin, menurut peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 42 tahun 2015 tentang pelaksanaan koordinasi penanganan konflik sosial.

“Sebagai leading sektor dari partai politik maupun perhimpunan kesosialan, sudah seharusnya membagikan ilmu menangani konflik sosial. Seluruh SKPD harus mengerti tentang hukum, apalagi kesbangpol tugas mengawasi pelaksanaan efektivitas penanganan konflik sosial di pemerintahan Kabupaten, “pungkasnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

 

 

 

Leave a Reply