Dandim 0404 Muara Enim: TNI Siap Amankan Target Swasembada Pangan

Sehubungan dengan Itu Panglima TNI dan Menteri Pertanian sudah membuat kesepakatan. Salah satu hasil kesepakatan itu antara lain TNI siap mendampingi kementerian Pertanian untuk mengamankankan target swasembada pangan itu.

Terkait dengan itu Komandan Distrik Militer (Dandim) 0404 Muara Enim Letnan Kolonel Inf Jamaludin, SH menyatakan pihaknya siap melaksanakan kesepakatan itu.

” TNI siap mendampingi upaya khusus pertanian seperti padi,jagung dan kedele dan lain -lain. Pendampingan ini bertujuan untuk membantu percepatan tanam dengan apa yang diinginkan kementerian pertanian,” kata Letkol (Inf) Jamaludin SH diruang kerjanya, Senin (01/05/2016).

Salah satu cara untuk melakukan perepatan itu, ada beberapa Kodim yang diberikan Alsintan (alat instruksi pertanian). Tujuannya untuk membantu masyarakat. ” Kita terlibat langsung pendampingan itu. Misalnya ada yang mau bajak sawah ternyata terkendala sewa alat atau lainnya dengan adanya Alsintan di Kodim ini bisa teratasi dengan cepat,” jelasnya.

Mekanismenya, jika ada masyarakat yang sawahnya siap bajak tinggal menyampaikan ke PPL atau langsung ke Babinsa. ” Kemudian Babinsa langsung ke Koramil. Danramil langsung  bergerak,” paparnya.

Selain itu, lanjut Jamaludin, pihaknya juga terlibat dalam pengawalan bibit hingga pupuk. ” Intinya kita bukan didepan, tapi mendampingi dinas pertanian. Panglima TNI dan Menteri Pertanian sudah ada kesepakatan kita yang dibawah tugasnya mengamankan kebijakan itu,” pungkasnya. 

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr
 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here