Muzakir Dorong Perempuan Muara Enim Wujudkan Cita-cita Kartini

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar mengatakan, tanggal 21 April yang diperingati sebagai Hari Kartini  merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena melalui perjuangan RA Kartini  menjadikan wanita mempunyai hak yang sama dengan laki-laki.

” Sosok RA Kartini memang sosok yang sangat mulia. Dengan kesabaran dan keteguhannya bisa berjuang baik untuk harkat kaum wanita dan pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di Kabupaten Muara ENim khususnya,” kata Muzakir di BASS, Muara Enim, Kamis (21/06/2016).

Tema peringatan hari Kartini ke-137 ini adalah ” Dengan Semangat Kartini, kita tingkatkan kualitas hidup perempuan melalui pendidikan dan pemberdayaan ekonomi kreatif mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.

Muzakir menegaskan, peringatan hari Kartini hendaknya jangan hanya dijadikan sebagai acara seremonial saja, namun harus dimaknai. Sehingga para Wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

” Semoga dengan peringatan ini muncul generasi Kartini-kartini baru untuk berjuang baik sebagai seorang pejuang hak wanita dan sebagai pondasi penting dalam kemajuan negara Indonesia diberbagai aspek,” harap Muzakir.

Sementara Wakil Ketua DPRD Muara Enim Dwi Windarti mengaku sangat bangga dengan RA Kartini. Karena berkat perjuangan kartini dia bisa menjadi perempuan pertama yang menjadi Wakil Ketua DPRD Muara Enim.

” Alhamdulillah. Kita berharap akan muncul 1000 perempuan lagi di Kabupaten Muara Enim. Perempuan Muara Enim tidak menjadikan Hari Kartini sebagai acara seremonial semata, pakai kebaya dan kain saja,” kata Dwi.

Dia berharap, peringatan Hari Kartini dijadikan momentum bagi kaum perempuan untuk terus melanjutkan perjuangan Kartini.

Dwi menuturkan, Pemkab Muara Enim sangat konsen terhadap pemberdayaan perempuan. ” Salah satu yang telah dilakukan Pemkab Muara Enim agar lebih maju adalah dengan melaksanakan pelatihan membuat kerajinan dan membentuk industri kecil. Sehingga perempuan-perempuan di Kabupaten Muara Enim bisa mandiri secara ekonomi,” tuturnya.

Dia mengajak kaum perempuan di Muara Enim untuk mewujudkan cita-cita Kartini. ” Ayo kita sama-sama wujudkan cita-cita Kartini untuk menjadi perempuan yang berpendidikan demi mewujudkan perempuan yang mandiri, tangguh dan perempuan yang tidak bergantung kepada pria,” tegasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr 

 

 

 

Leave a Reply