Indonesia Mengajar, Ruang Berbagi Ilmu

Ketua Panitia lokal Indonesia Mengajar Kabupaten Muara Enim, Aini Zahrahayu mengatakan, Indonesia Mengajar adalah gerakan, usaha untuk mengajak semua pihak untuk ambil bagian menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia.

” Cita-citanya adalah terlibatnya seluruh lapisan masyarakat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai janji kemerdekaan,” kata Aini kepada Kabarserasan.com, Rabu (13/04/2016).

Aini menjelaskan, ide awal Indonesia Mengajar berasal dari Anies Baswedan pada dekade 1990-an, sebelum menjadi Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah.

Untuk membagi ilmu, di Indonesia Mengajar ada kelas yang dinamakan Kelas Inspirasi dan kelas Rubi.

” Kelas Inspirasi menurunkan inspirator dari berbagai profesi untuk mengajar satu hari dan Kelas RUBI wahana mengundang profesioanal secara sukarela utk memberikan pelatihan bagi guru dan Kepala Sekola,” terang Aini.

Untuk Kabupaten Muara Enim mendapatkan narasumber dosen UGM dari Yogya dan relawan lain seluruh indonesia yang sudah ditetapkan.

” Suatu anugerah Muara Enim, ini pertama di Kabupaten Muara Enim dan akan di adakan tgl 29 dan 30 April 2016. Kegiatan ini didukunng oleh PTBA, PGRI, Pemkab, Diknas hingga UPTD terkait,” tutur Aini.

Dia menjelaskan, semua kegiatan ini dilakukan secara suka rela, tanpa uang saku apa lagi gaji. ” Kami sebagai masyarakan dan pemuda sangat mendukung pendidikan khususnya di Kabupaten Muara Enim. Hal ini kami lakukan untuk turut berperan dalam mencerdaskam kehidupan bangsa,” jelasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here