Hindari HIV AIDS, Dinkes PALI Imbau Generasi Muda Jauhi Seks Bebas

Kadinkes PALI, dr Eni Zatillah MKm mengatakan banyak penderita penyakit HIV AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Aqcured Immunodeficiency Desease Syndrome) tertular melalui seks bebas.

” Dinkes PALI mencatat ada 9 orang yang sudah terkena HIV AIDS,  bahkan 4 penderita sudah meninggal dunia,” tutur dr Eni kepada Kabarserasan.com, Selasa (12/04/2016).

Dr Eni menjelaskan, tadi malam (Senin, 11/04/2016) ada lagi 2 pasien masuk UGD RSUD PALI terduga HIV. ” Tadi malam saya dapat informasi dari Supiyah, Kasi Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Talang Ubi, ada dua orang terduga HIV yang datang ke rumah sakit,” jelasnya.

Menurut dr Eni, dua orang pasien merupakan suami istri ini memang belum dipastikan positif HIV. Namun gejala yanga ada, mereka mendeita penyakit tersebut dan kedua pasien tersebut langsung dirujuk ke Poliklinik HIV Prabumulih.

“Di sumah sakit ini belum ada peralatan medis untuk merawat penderita HIV. Kalau ada pasien diduga mengidap penyakit tersebut langsung kita rujuk ke Prabu. Pihak kami sudah mensosialisasikan kepada masyarakat bahaya penyakit ini, juga penyebab dan cara penularannya. Kita juga lakukan penjaringan pasif dengan mendatangi warga yang dicurigai mengidap HIV, untuk mengetahui jumlah penderita penyakit ini,” pungkasnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here