136 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka Kabupaten Muara Enim

Dalam sambutannya, Panca Surya mengatakan kegiatan rutin setahun sekali ini dilaksanakan dalam rangka menjaring dan memilih siswa-siswi berbakat untuk menjadi pemuda yang memiliki kemampuan dan mampu menjadi pelopor untuk memajukan kabupaten Muara Enim.

” Kalian adalah generasi penerus harapan bangsa serta sebagai agen perubahan yang memiliki jati diri. Untuk itu kalian dituntut memiliki sikap dan prilaku yang baik sebagai suri teladan di lingkungan masing-masing,” kata Panca Surya di GOR Pancasila, Muara Enim (12/04/2016).

Panca menegaskan, siswa-siswi calon Paskibraka agar berbuat dan berkarya yang positif yang harus dimulai dari diri sendiri.

” Mari kita bentengi diri kita dengan iman dan tagwa, sehingga kita senantiasa dapat bahu membahu dan bergotong royong membangun Kabupaten Muara Enim seperti yang kita harapkan yakni, Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera (SMAS),” ujarnya.

Sementara Kadin Disporapar Muara Enim, Febriansyah ST mengatakan kegiatan seleksi calon anggota Paskibaraka ini dimaksudkan untuk memilih 50 orang anggota Paskibraka yang akan bertugas sebagai pasukan Pengibar duplikat bendera pusaka Kabupaten Muara Enim tahun 2016.

” Dari 50 orang yang terpilih, 6 diantaranya akan diikutsertakan seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Sumsel sebagai wakil Muara Enim,” ujar Febri.

Febri menjelaskan, ada 3 tujuan seleksi ini, pertama puntuk memupuk semangat kebangsaan, nsaionalisme dan jiwa patriotisme serta cinta tanah air dikalangan generasi muda. Kedua memilih/mencari siswa yang berkualitas dan ketiga mendidik siswa memiliki  kemampuan serta pengetahuan tentang Paskibraka yang berwawasan  kebangsaaan.

Adapun peserta seleksi berjumlah 136 orang yang berasal dari setiap kecamatan dalam wilayah kabupaten Muara Enim.

Sementara, materi seleksi antara lain adalah, seleksi administrasi, test kesehatan termasuk pengukuran berat dan tinggi badan serta bentuk kaki dengan sistem gugur, pengetahuan umum, psikotest, pendidikan jasmani dan peraturan baris berbaris (PBB).

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here