PWI PALI Dirikan Koperasi Khusus Wartawan

Ketua Koperasi PWI Kabupaten PALI Joko Sadewo mengatakan, koperasi khusus wartawan ini diharapkan bisa mengembangkan potensi bisnis awak media. Melalui koperasi tersebut, dengan bunga yang cukup ringan wartawan bisa membuka usaha.

“Koperasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diberi nama PALI Mandiri ini, resmi berdiri dengan Nomor Badan Hukum 087/KPTS/ DINKOP_UKM/ 2016 yang ditandatangani oleh Penjabat Bupati PALI, Drs Apriyadi atas nama Menteri Negara Koperasi dan UKM RI, pada 11 Februari 2016 lalu, ” kata Joko Sadewo kepada Kabarserasan.com, Kamis (07/04/2016).

Lanjut Joko, dalam waktu dekat pengurus akan mengagendakan rapat untuk membahas program kerja dan penertiban administrasi koperasi.

“Saat ini kita akan mengagendakan rapat pengurus, yang selanjutnya akan juga dilaksanakan rapat anggota. Terutama untuk melengkapi administrasi koperasi

Dia menghimbau dan memberitahukan kepada para jurnalis yang bertugas di PALI, agar segera menghubungi pengurus, jika ada yang belum bergabung pada koperasi tersebut.

“Persyaratannya sama seperti di Koperasi lainnya, yakni mengisi formulir keanggotaan, dan membayar simpanan pokok dan wajib. Ia menambahkan, bersatunya para pewarta dalam sebuah badan usaha, diharapkan akan tercipta kesejahteraan anggota dan menumbuh kembangkan perekonomian di PALI pada umumnya,” jelasnya.

“Nanti koperasi ini bisa saja mengembangkan unit usaha simpan pinjam, jual sembako, maupun menjadi rekanan pemerintah dan swasta, sehingga diharapkan akan diperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU) yang memadai setiap tahunnya,” ujarnya.

Terpisah Kadin Koperasi UKM kecil dan Menengah Husman Gumanti membenarkan adanya koperasi khususnya wartawan. Menurut Husman, seluruh kelompok masyarakat di Indonesia berhak membuka koperasi, untuk mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan.

” Seluruh anggota masuk kepengurusan koperasi bisa meminjamkan modal usaha di koperasi sesuai dengan aturan yang ada, dan anggota yang belum mengerti meminjamkan modal usaha, silakan datang ke kantor, ” tuturnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

 

 

 

Leave a Reply