KPK Tangkap Dua Petinggi PT BA

Dua petinggi PT BA yang tertangkap tangan tersebut adalah yakni Direktur Keuangan Sudi Wantoko dan Senior Manager Dandung Pamularno. Sementara satu orang lainnya adalah swasta bernama Marudut.

Saat penangkapan, KPK menyita barang bukti berupa uang senilai 148.835 dolar Amerika Serikat. Uang stersebut diduga suap yang akan diberikan oleh ketiganya terkait dengan penanganan perkara dugaan korupsi di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta yang berhubungan dengan PT Brantas Abipraya.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan kasus tersebut merupakan hasil kerja sama antara pihaknya dengan Kejaksaan Agung.

“Saat terjadi penyerahan dari DPA ke MRD dilakukan di lantai satu toilet pria,” kata Ketua KPK, Agus Rahardjo, saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jakarta, Jumat (1/4/2016).

“Pemberian tersebut diduga untuk menghentikan penyelidikan atau penyidikan tindak pidana korupsi pada PT BA (PT Brantas Abipraya) di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta,” tambah Agus.

Terkait penangkapan dua petinggi PT BA, Direktur Utama PT Brantas Abipraya, Bambang Esti Marsono mengatakan, pihaknya kooroperatif. Saat penggeledahan oleh tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Kantor BUMN kontruksi tersebut pihak perusahaan tak melakukan penolakan.

“Tadi ada yang minta izin melakukan penggeledahan, nunjukin surat, ya kita izinkan. Kita berusaha untuk bersikap kooperatif,” ujar Bambang sebelum meninggalkan kantornya di Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Ini dia kronologis penangkapan dua petinggi PT BA:

* Dandung dan Marudut membuat janji temu di Hotel Best Western, Cawang, Jakarta Timur pada Rabu (30/3/2016) malam pukul 21.00 WIB

* Keduanya kemudian bertemu di hotel tersebut pada Kamis (31/3/2016) pukul 08.20 WIB. Dandung dan Marudut pergi ke toilet dan kemudian menyerahkan uang USD148. 835.

* Marudut dan Dandung kemudian menuju mobil masing-masing dan hendak meninggalkan hotel.

* KPK langsung menangkap keduanya dan ditemukan sejumlah uang tersebut.

* KPK Kemudian bergerak ke kantor PT BA di Cawang untuk menangkap Direktur Keuangan PT BA Sudi Wantoko.

Editor: Amr

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here