Pemkab PALI Bertekad Jadikan Desa Ujung Tombak Perekonomian

Dalam rapat yang berlangsung di Gedung Pesos PT.Pertamina Asset 2 Field Pendopo ini dihadiri seluruh camat, lurah/kades se Kabupaten PALI.

Wakil Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony S.Kom, MSi mengatakan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengetahui potensi masing-masing desa di Bumi Serepat Serasan.

“Desa merupakan ujung tombak perekonomian daerah. Sudah sepatutnya seluruh desa dibekali ilmu bagaimana menggali potensi di desa tersebut, sehingga bisa meningkatkan pendapatan desa dan PALI harus memiliki desa percontohan, ” kata Ferdian Kepada Kabarserasan.com di Gedung Pesos Komperta Pendopo, Senin (21/03/2016).

Dia menambahkan, saat ini di PALI terdapat 65 Desa, 6 Kelurahan dan 10 Desa Persiapan. ”  Setiap Desa akan mendapatkan dana Rp500-600 juta dari pemerintah pusat. Dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat ini diharapkan setiap desa mampu meningkatkan perekonomianny,” ujar Wabup.

Untuk mengenalkan potensi setiap yang ada, Ferdian berharap setiap desa memiliki website dan data base yang lengkap sehingga potensi desa yang ada bisa diketahui masyarakat luas.” Website dan data base yang lengkap akan memudahkan jika ada investor yang akan berinvestasi di PALI,” jelas Ferdian.

Sementara Plt Kaban BPMPD PALI Arif Firdaus mengungkapkan, dalam rapat koordinasi ini juga ada pemaparan program dari pemerintahan desa. Dia menekankan pentingnya sinergi antara pemdes dengan jajaran SKPD. ” Pemdes harus bersinergi dengan SKPD. Sebab ada banyak program desa yang harus dibantu oleh SKPD, diantaranya Sektor Pertanian dan Perkebunan,” kata Arif.

Arif menegaskan seluruh program desa/kelurahan yang ada harus didukung Pemkab, tidak hanya terpaku dengan beberapa desa saja. ” Seluruh desa harus didukung program kerjanya demi meningkatkan perekonomian daerah tersebut,” ujarnya.

Selain itu, BPMPD telah melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan Kabupaten PALI. Hal ini dilakukan untuk menjamin kesehatan seluruh perangkat desa.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here