Ratusan Pelajar Ikut Seleksi Calon Paskibraka 2016

Penjaringan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) ini dilakukan secara bertahap di lima kecamatan. Khusus untuk Kecamatan Talang Ubi, penyeleksian bertempat di SMAN 1 Talang Ubi, Kelurahan Talang Ubi Selatan, Kecamatan Talang Ubi.

Kadispora Drs Darmawi MSi melalui Kabid Pemuda A.Diansyah MSi mengatakan, penyeleksian ini hanya sebatas tingkat kecamatan. Bagi lulus penyeleksian akan dilanjutkan di tingkat Kabupaten. Adapun penyeleksian dilakukan pada tanggal 14 hingga 18 Maret 2016.

” Calon peserta Paskibraka yang ikut, untuk kecamatan Tanah Abang sebanyak 50 orang, Kecamatan Penukal Utara 50 orang, Kecamatan Penukal sebanyak 50 orang, Kecamatan Abab sebanyak 25 orang, sedangkan Talang Ubi sebanyak 166 orang. Bagi peserta yang lulus penyeleksian, akan diumumkan ke sekolah-sekolah, untuk pengumuman sendiri pada tanggal 21 Maret mendatang,” kata Diansyah kepada Kabarserasan.com,Kamis (17/03/2016)

Dia menambahkan penyeleksian sendiri bekerja sama dengan Kepolisian Sektor (Polsek), Brimob Sumsel, Koramil Pendopo sebagai jurinya. Setelah ada pengumuman langsung, baru calon peserta Paskibraka Kecamatan, akan diikutsertakan ke tingkat Kabupaten. Untuk tingkat Kabupaten masih ada tahapan test lagi yang akan dilakukan oleh peserta.

Terpisah Kapolsek Talang Ubi Kompol Janton Silaban,Sik, SH melalui Kanit Provos Ipda Noerdin, mengatakan kepolisian hanya sebatas juri penyeleksian saja. Juri lain yang terlibat berasal dari Brimob Sumsel, Koramil 404-03 Talang Ubi Pendopo, anggota Purna Bhakti Paskibraka (PPI) tahun lalu.

” Yang dinilai bagus ditingkat Kabupaten akan diikut sertakan ke tingkat provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Kriteria calon Paskibraka lain tinggi badan untuk laki-laki 170 CM, sedangkan Perempuan 160 CM dan berat badan ideal,”pungkasnya.

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Khairul Amri

 

 

 

Leave a Reply