Rencana Pembangunan Hutan Kota Masih Belum Jelas

Kepala Dinas PU Cipta Karya, Ramlan Suryadi menyampaikan Pemkab dan PTBA telah beberapa kali mengadakan pertemuan. Namun sayangnya hingga kini belum ada kemajuan yang berarti.

” Tiap tahun Muara Enim dan PTBA terus membahas Hutan Kota Kalamudin, namun sayangnya belum ada tindak lanjut yang konkrit. Baru ada penanaman bibit pohon,” kata Ramlan di Kantor Bappeda Muara Enim, Senin (25/1/2016).

Sementara Kepala Dinas Kehutaan  Muara Enim Rustam Effendi menjelaskan, lahan Hutan Kota Kalamudin seluas 50 hektar tersebut merupakan kawasan Usaha Penambangan (UP) PTBA.

” Sesuai dengan Peraturan Kemenhut RI, maka PTBA yang wajib melakukan rehabilitasi DAS dan reklamasi eks lahan tambang. Karena lahannya adalah kawasan APL (Alokasi Penggunaan Lain) tentu jika sudah habis masa UP akan dikembalikan ke pemerintah daerah,” jelas Rustam.

” Sebenarnya, Pemkab dan PTBA tinggal bersinergi untuk mewujudkan Hutan Kota Kalamudin Djinab,” tambahnya.

Sedangkan manajemen PTBA yang diwakili SM PLDT, Imam Pujono secara tidak langsung mengakui, paparan DED Hutan Kota Kalamudin yang mereka presentasekan saat ini belum final dan masih memerlukan perbaikan serta penyempurnaan.

” PTBA berkomitmen akan melakukan perbaikan dan penataan DAS serta akan melakukan reklamasi lahan eks tambang menjadi hutan kembali,” kata Imam.

Menurutnya perlu membentuk tim kecil agar rencanan hutan kota ini segera dapat diwujudkan. “Memang sepertinya kita harus membuat tim kecil untuk bersama-sama mencari solusi guna mewujudkan Hutan Kota Kalamudin ini,” ujar Imam.

Editor: Khairul Amri

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here