Juara Piala Jenderal Sudirman, Mitra Kukar Ukir Sejarah

Bertanding di lapangan licin akibat hujan deras yang mengguyur SGBK, Mitra Kukar sempat kewalahan menghadaapi tim yang berjuluk Kabau Sirah ini. Bahkan, Mitra Kukar sempat tertinggal 0-1 di babak pertama. Gol Semen Padang diciptakan Adi Nugroho melalui sundulan pada menit ke-32.

Memasuki babak kedua tim yang berjuluk Naga Mekes ini mencoba keluar dari tekanan. Perlawanan yang dilakukan Mitra Kukar membuat pertandingan semakin panas.

Pemain kedua kesebelasan terlihat sangat ngotot untuk memenangkan pertandingan. Awal malapetaka bagi Semen Padang terjadi pada menit ke 53  saat pemain gelandang asal Korea Selatan Yu Hyunko dikartu merah. Hyunko yang sebelumnya telah mendapat kartu kuning kembali melakukan kesalahan. Tekelnya yang terlambat kepada Patrick dos Santos berbuah kartu kuning kedua.

Hilangnya Hyunko membuat Mitra Kukar mulai menguasai lapangan tengah. Pelatih Jefri Sastra melakukan perubahan dengan memasukkan pemain yang lebih bertipe menyerang.

Perubahan yang dilakukan Jefri membuahkan hasil. Pada menit ke  78, sang kapten Riski Pelu berhasil menyamakan kedudukan. Gol berawal dari tendangan bebas Michael Orah. Pemain yang baru masuk pada babak kedua ini mengirim umpan lambung ke jantung pertahanan Semen Padang. Jandia sempat bereaksi dengan mencoba memblok bola namun tidak sempura dan bola mengenai tubuh Risky Pelu dan berbuah gol.

Berhasil menyamakan kedudukan, Mitra Kukar semakin percaya diri. Puncaknya, pada menit 89, Yogi Rahadian berhasil mencetak gol kedua bagi timnnya setelah melakukan aksi individu yang cantik. Setelah berhasil menekuk salah satu pemain belakang, dia melakukan tendangan keras yang tak bisa ditahan Jandia. 2-1.

Dengan kemenangan ini, Mitra Kukar sukses mengukir sejarah. Ini adalah kali pertama tim berjuluk Naga Mekes ini menjadi juara di turnamen besar.

Susunan Pemain

Semen Padang (4-4-2): Jandia Eka Putra; Novan Setia Sasongko, Hamdi Ramdan, Hengki Ardiles (c), Muhamadou Alhadji; Yu Hyun Koo, Vendry Mofu, Adi Nugroho, M. Alwi Slamat (Irsyad Maulana 6); Nur Iskandar, James Koko Lomell.
Cadangan: Putra syabilul rasad (gk), Saepulah maulana, Ricky ohorella, Irsyad maulana, Rudy, Arifan fitra masril, Fajar legian

Mitra Kukar (4-4-2): Sahar Ginanjar; Arthur C.H, Rudolf Yanto Basna, Zulkifli Syukur (orah 32), Syahrizal; Rizky Pellu, Hendra Ridwan, Syakir Sulaiman, Defri Rizki; Septian David Maulana, Patrick dos Santos.
Cadangan: Rivki mokodompit (gk), Dinan Javier, Yogi rahardian, Muhamad Bahtiar, Michael Orah, Faizal Rizal, Rodrigo

Penulis/Editor: Khairul Amri

 

 

 

Leave a Reply