YSKI: Kanker Bisa Menyerang Siapa Saja

Kegiatan yang berlangsung di kantor Sekertariat K7P Jalan Merdeka Simpang Air Port, Talang Ubi ini mendatangkan narasumber Mutiara Okta Vianti, Amd.Keb dari Yayasan Sosialisasi Kanker Indoensia (YSKI) Padang (Sumatera Barat).
 
Marwani Ujang, selaku pendiri K7P mengatakan, acara in bertujuan untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat tentang penyakit kanker.

” Kita sengaja mendatangkan narasumber berpengalaman untuk menyampaikan materi terkait kanker ini. Terkadang dalam kehidupan sehari-hari kita menyepelekan apa itu kanker. Dengan acara ini kita berharap masyarakat mengertahui apa penyebab kanker,” kata Marwani.

Sementara Mutiara dari YSKI mengatakan, tujuan sosialisasi ini agar masyarakat PALI mengenal secara dini gejala penyakit kanker.

” Penyakit ini berbahaya, kanker bisa menyerang siapa saja, tak perduli kaya miskin. Semua bisa terkena,” kata Mutiara di Talang Ubi, Kamis (24/12/2015).

Menurut Mutiara ada beberapa macam penyebab kanker. ” Ada kanker genetik atau faktor keturunan ada pula berasal dari gen proto octogen yang berasal dari bahan kimia. Misalnya asap kendaraan bermotor dan asap rokok,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, reaksi fisika juga bisa menyebabkan kanker. Misalnya, memakai telpon seluler (HP) yang terlalu lama bisa menimbulkan kanker otak. ” Menggunakan ponsel jangan lebih dari 30 menit, karena akan beresiko terkena kanker otak,” jelas Mutiara. 

Penulis  : Hermansyah
Editor    : Khairul Amri

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here