2016, Air Bersih PDAM di Pasar Muara Enim dan Talang Jawa 24 Jam

Penambahan penyertaan modal ini selain untuk pengembangan PDAM Lematang Enim juga untuk memperluas dan meningkatkan pelayanan air bersih dan untuk pengembangan air bersih kepada masyarakat.

Adapun tambahan penyertaan mmodal yang diajukan Pemkab Muara Enim sebesar Rp 20 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun anggaran 2016. Selain dana segar, juga diajukann penyertaan modal dalam bentuk aset yang dibangun oleh Eksekutif melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Cipta Karya sebesar Rp. 97 miliar. Sehingga total penyertaan modal berupa asset yang dilakukan pada tahun 2015 sebesar Rp. 111.007.664.820.
 
Dengan adanya Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Muara Enim ke PDAM Lematang Enim berdasarkan Peraturan Daerah ini, maka keseluruhan Penyertaan modal yang telah dilakukan oleh Pemeritah Kabupaten Muara Enim kepada PDAM Lematang Enim  sebesar Rp.311.734.504.267.19.

Fraksi Demokrat dalam pandangan umum fraksi pada Sidang Paripurna ke XI pada prinsipnya menyetujui Raperda Penambahan Modal PDAM LE ini. Namun, melalui Ruspandri SH, Demokrat memberikan beberapa catatan.

” PDAM LE harus meningkat kualitas dan kwantias air bersih kepada masyarakat. Karena saat ini masih banyak masyarakat yang mengeluhkan pelayanan air bersih PDAM LE,” kata Ruspandri, Kamis (10/12/2015).

Selain itu, PDAM LE juga diminta agar memberikan pengawasan lebih ketat kepada sub kontraktor yang mengerjakan pekerjaan pemasangan pipa. ” Masih banyak ditemukan bekas galian pipa yang tidak diperbaiki dengan baik. Bahkan, ada yang menimbulkan gesekan dengan masyarakat,” paparnya.

Sementara Direktur PDAM Lematang Enim Puryadi ST mengatakan, pihak mengapresiasi dengan apa yang disampaikan dewan. ” Dengan penyertaan modal ini,kami tentunya akan meningkatkan kualitas dan kuantitas air bersih kepada masyarakat,” kata Puryadi kepada
Kabarserasan.com, Kamis (10/12/2015).

Untuk menambah kwantitas, kata Puryadi, pihaknya akan menambah sejumlah jaringan dan menambah pelanggan. Sedangkan untuk kualitas air, PDAM LE akan membersihkan filter-filter, reservoir dan perpipaan yang ada. ” Kita tahu bahan baku kita berasal dari sungai yang tingkat
pencemarannya cukup berat. Kita berupaya mencuci peralatan dan menyaring air yang lebih baik sehingga kualitas air yang diterima pelanggan akan semakin baik,” jelasnya.

Sementara terkait permintaan agar air PDAM mengalir 24 jam ke pelanggan, Puryadi membeberkan dibeberapa lokasi seperti Rumah Tumbuh, Kemayoran, DUsun Muara Enim, Karang Raja dan Pelita Sari PDAM LE sudah mengalir 24 Jam. ” Kita Optimis pelayanan 24 jam ini juga akan segera dinikmati pelanggan di Pasar, Talang Jawa dan beberapa lokasi lainnya. Inshaa Allah 2016 sudah bisa terlaksana,” tutupnya.

Penulis/Editor: Khairul Amri 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here