Dinas Koperasi dan UKM PALI Gelar Pelatihan Manajemen

Sosialisasi ini bertujuan untuk membina usaha kecil agar mengerti tugas dan pokok dari suatu usaha.
Selain itu juga diadakan pelatihan manajemen agar usaha yang dilakukan dapat berjalan dengan maksimal.

Acara ini dibuka oleh Asisten III Setda PALI Ruswani SH, yang mewakili Penjabat Bupati ini diikuti 60 peserta serta 2 orang narasumber.

Dalam sambutannya Ruswani berharap dengan pelatihan ini seluruh pengusaha kecil dan menengah  di PALI agar mengerti manajemen kerja. Selain itu dalam sosialisasi dan pelatihan manajemen ini bisaa menciptakan usaha kecil bisa bersaing dengan usaha serta bagaimana usaha mereka menjadi legal.

” Koperasi ini bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat. masyarakat bisa meminjam uang untuk modal usahanya. Ada juga koperasi simpan pinjam,” kata Ruswani, kemarin (Kamis/11/2015).

” Kementrian Koperasi juga telah mempersiapkan kucuran dana untuk Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) kepada KUMKM sebesar 1,55 triliun ditahun 2016, ” tambahnya.

Kepala Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Pali, Husman Gumanti ST MSi, menjelaskan sebelum menggelar sosialisasi, pihaknya telah mendata ada 60 UKM di wilayah ini. Namun hanya separuh yang memiliki akte notaris pendirian yang lengkap. Dengan adanya sosialisasi ini, pengusaha kecil secepat membuat RAT, agar supaya kedepannya bisa mendapatkan bantuan dari pemerintahan daerah.

” Di wilayah ini LPBD wilayah Kabupaten PALI telah menyiapkan anggaran sebesar 250 juta, bagi yang memiliki badan usaha yang lengkap. Dan  apabila itu anggota koperasinya aktif dan jelas kepengurusan, bisa langsung mendatangi badan koperasi Kabupaten, agar bisa mendapatkan bantuan. Percuma ada badan usaha, jika belum memiliki izin usaha yang jelas, ” ungkapnya.

Dia menambahkan adanya sosialisasi seluruh UKM maupun UKMK bisa menciptakan manajemen koperasi yang sehat, dan bisa bersaing dengan usaha atas lainnya. “Saya minta kepada seluruh yang mempunyai organisasi dibidang usaha, agar bisa mengusulkan program kerja dengan baik. Koperasi hanya sebatas membantu pengusaha kecil dan menengah saja,” ujarnya

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Khairul Amri

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here