Kurang Sosialisasi, Pilkada PALI Diprediksi Banyak Golput

Tokoh Masyarakat Abab, Mulyadi menilai kinerja pihak penyelengara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten PALI, hingga saat ini masih terbilang minim khususnya sosialisasi kepada masyarakat.

“Sosialisasi itu penting untuk masyarakat. Karena hal itu akan menentukan persentase angka golput pemilih. Dengan anggaran sebesar Rp 17 miliar dari APBD PALI, ditambah dari APBN, saya rasa sangat cukup untuk membuat Pilkada PALI ini sukses dan persentase pemilih bisa tinggi, jika sosialisasi dilakukan dengan maksimal,” kata Mulyadi, Rabu(25/11/2015).

Dia mengungkapakn, dari kasat matanya saat berkeliling diwilayah Kabupaten PALI, nyaris 80 persen sama sekali tidak ada baleho sosialisasi yang dipasang oleh KPUD Kabupaten PALI di setiap desa.

“Bisa dikatakan 80 persen tidak ada sosialisasi. Paling, cuma ada di kecamatan saja, itupun tidak berpengaruh besar. Jadi sangat tidak sesuai dengan besarnya anggaran kita dalam mendukung untuk suksesnya Pilkada PALI ini,”ujarnya

Sementara itu Pengamat Politik Kabupaten PALI F?irdaus Hasbullah SH, memprediksi tingkat golput dalam Pilkada PALI mendatang hanya bisa mencapai angka 45 persen, apabila tidak ada sosialisasi yang dilakukan pihak KPUD Kabupaten PALI, baik secara langsung, pemasangan baleho, maupun di media massa.

“Memang kurang sosialisasi. Apalagi di PALI ini mayoritas masyarakatnya merupakan petani karet yang selalu berada dikebun. Kalau tetap seperti ini bisa dipastikan Pilkada PALI tidak sukses. Mestinya penyelengara harus mengutamakan sosialisasi setelah menjalankan tahapan-tahapan. Jadi jangan menghabiskan anggaran dengan tidak efektif, percuma uang banyak keluar tapi hasilnya nol,” tegasnya.

Saat dikonfirmasi  via ponsel

Komisioner KPUD PALI divisi logistik, Adi Chandra mengatakan, kotak suara sudah datang. Kotak suara itu dipinjam dari KPUD Kabupaten Muara Enim. Senin lalu pihaknya  sudah komunikasi dengan KPUD Muara Enim.” Alhamdulillah dari komisioner KPUD Muara Enim bersedia meminjamkan kotak suara untuk Pilkada PALI nanti. Dan Kotak Suara Sudah tiba di kabupaten PALI. Kita meminjam kotak suara sebanyak 311 kotak suara. Hal ini sesuai jumlah TPS yang ada di Bumi Serepat Serasan,” ujarnya.

Ditambahkan Ketua KPUD PALI, H. Hasyim, pihaknya hari ini sudah ketemu langsung dengan KPUD Muara Enim di kantornya di Bumi Serasan Sekundang.

“Ya, KPUD Muara Enim siap meminjamkan kotak suara untuk pelaksanaan pilkada di Kabupaten PALI. Bahkan KPUD Muara Enim siap membantu menyukseskan pilkada yang perdana di Kabupaten PALI,

“Saya berharap semua pihak membantu untuk menyukseskan pilkada PALI nanti,” harapnya.

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Khairul Amri

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here