Kominfo Muara Enim Dukung Sosialisasi Penjaringan Terduga Tuberkulosis

Pada kesempatan itu, Sekretaris Aisyiyah Muara Enim, Oktaviyani Ramdhiana yang didampingi, Ketua SSR TB Care Aisyah, Sriwiyanti Ganef dan Koordinator Koordinator program TB Care, Ilham Afanda meminta dukungan kepada kominfo untuk melakukan sosialisasi program penanggulangan penyakit tuberkulosis (TBC).

Kakankominfo Muara Enim, Jumhari Yunus menyatakan sangat mendukung program penanggulangan TBC ini. ” Program ini akan kita dukung. Karena ini merupakan bagian dari visi misi Kabupaten Muara Enim SMAS, khususnya dari unsur Sehat,” kata Jumhari di Kantornya, Rabu (25/11/2015).

Jumhari menjelaskan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu program yang yang pro kepada masyarakat banyak. ” Ini menjadi tugas kita untuk mensosialisasikan program-program yang sifatnya mendukung program pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Aisyiyah Muara Enim, Oktaviyani menyampaikan, program ini dibuat untuk mengeleminir penyakit di TB ini di Muara Enim. ”  Dari temuan TB Care Aisyah dilapangan, hingga Oktober 2015 terdapat 984 orang suspek penderita TB, meingkat dari tahun sebelumnya yang menemukan 547 orang. Ini memerlukan penanganan serius,” ujarnya.

Okta menjelaskan saat ini, TB Care Aisyah sudah bermitra dengan Dinas Kesehatan dalam menjaring terduga TB ini. ” Kita bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menjaring terdiga TB dan pendampingan tuberkulosis hingga dinyatakakn tembuh secara medis,” jelasnya.

Untuk saat ini, lanjut dia, TB care Aisyah baru bisa menjangkau lima kecamatan yakni, Tanjung Agung, Lawang Kidul, Muara Enim, Ujan Mas dan Gunung Megang.

” Kedepan kita berupaya agar seluruh kecamatan akan ada kader yang penjaringan terduga penderita tuberkulosis ini. Agar semakin banyak penderita bisa disembuhkan,” ujarnya.

Penulis/Editor: Khairul Amri

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here