Tingkatkan Kompetensi Bidan, IBI PALI Gelar Seminar

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pesos Pertamina Asset 2 Field  Pendopo ini, dihadiri oleh Penjabat Bupati Pali Drs. H Apriyadi MSi, Jajaran SKPD, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumsel, Hj Siti Aisyah Hamid, Ketua IBI Kabupaten PALI Kasmiati Amkeb, dan Kadinkes Kabupaten PALI dr Eni Zatillah MKm , Camat Talang Ubi Asrohi Sos, MH serta seluruh kader IBI dari 5 kecamatan di PALI.

Penjabat Bupati PALI, Drs. H Apriyadi MSi mengatakan, kegiatan seminar ini untuk meningkatkan kualitas kompetensi bidan sesua peraturan kementrian kesehatan dengan nomor 1464 tentang standar kompetensi dan kualifikasi kebidanan.

“Saya berjanji akan memasukkan ke Anggaran perencanaan pembelanja daerah (APBD), untuk menggelar suatu kegiatan khususnya dunia kesehatan. Apalagi jumlah tenaga kerja kesehatan masih minim, dan fasilitas pun masih minim, “ujar Apriyadi, Kamis (29/10/2015).

Sementara Ketua IBI Kabupaten PALI, Kasmiati Amked mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan IBI Provinsi Sumsel akan menggelar kegiatan seminar kompetensi kebidanan setiap tahun. Kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan hut organisasinya.

Dia menambahkan untuk anggaran kegiatan ini menggunakan dana organisasi, tanpa bantuan pemerintahan.  Pasalnya anggaran belum masuk di APBD Pemkab PALI. ”  Kegiatan yang digelar IBI diantaranya kegiatan sosial, kegiatan KB, dan seminar,” ujarnya.

Dia mengungkapkan saat tenaga kerja bidan banyak dari luar khususnya PNS. Dia berharap tenaga kerja lokal dapat diutamakan. Bidan disini memiliki potensi yang tinggi,  angka kematian ibu di wilayah ini meningkat,tidak tercapai dengan yang diharapkan.

“Kami berharap kedepannya, bupati hendaknya memasukkan anggar untuk menggelar kegiatan kesehatan. Kami minta pemerintah memperhatikan organisasi ini, ” kata dia.

Terpisah Dr Eni Zatillah Kadinkes Kabupaten Pali, selaku monitoring dunia kesehatan dan pembina tenaga kesehatan mengatakan, sudah sepatutnya pemerintah mensuport kegiatan ini.

” Ini merupakan upaya peningkatan kompetensi tenaga kesehatan melalui seminar seperti ini.” Bidan harus terus meningkatkan profesionalitas kerjanya serta ingat akan rambu-rambu sesuai permenkes 1464 tahun 2010,”tutupnya.

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Khairul Amri

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here