Sudah Masuk Kas Daerah, Dana Desa Belum Juga Disalurkan

Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Mustika mengatakan, hingga saat ini Dana Desa tersebut tidak kunjung di salurkan ke setiap desa oleh Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten PALI. 

“Memang benar kalau Dana Desa tersebut belum dicairkan hingga saat ini. Kalau bimbingan teknis (bimtek) kami sudah beberapa minggu lalu. Kita sendiri tidak tahu kendalanya apa, namun kita dapat informasi di daerah-daerah lain sudah ada yang dicairkan,” ujarnya, Kamis (15/10/2015).

Senada dengan Mustika, Kades Modong, Hermawan mengatakan, mereka juga belum mendapat kucuran dana tersebut. ” Kita sudah mengumpulkan syarat-syarat yang ditentukan untuk mencairkan dana desa ini. Tapi kita belum tahu kapan dana desa ini bisa dicairkan, sedangkan daerah lain malah sudah di fungsikan dana itu,” ungkapnya.

Sementara, Pjs Kepala BPMPD Kabupaten PALI, Arif Firdaus membenarkan hal itu. Namun pihaknya saat ini telah mengambil langkah-langkah dalam mempercepat pencairan dana desa ini, misalnya melayangkan surat ke Provinsi Sumsel.

“Dana desa ini masuk ke dalam APBD perubahan, untuk itu kita akan alihkan ke APBD induk. Tinggal nunggu proses itu. Karena kita minta dipercepat, maka kita kirim surat ke pak gubernur untuk meminta persetujuan agar bisa dicairkan. Meskipun dana tersebut belum dialihkan ke APBD induk,” tutupnya.

Penulis   : Hermansyah
Editor    : Amri

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here