Cipta Karya Siap Sukseskan Porprop XI

“Cipta Karya kebetulan mendapat peran yang cukup strategis dalam pelaksanaan Proprov ke XI 2017 yakni menyiapkan sarana akomodasi untuk tamu-tamu yang akan datang ke Muara Enim.

Sebagaimana disebutkan dalam Porprov X di Lubuk Linggau kemarin  jumlah peserta yang akan hadir dipekirakan akan mencapai 3500-4000 peserta baik panitia provinsi maupun utusan-utusan kabupaten/kota,” kata Ramlan saat disambangi Kabarserasan dikantornya beberapa waktu lalu.

Ramlan mengakui, potensi yang dimiliki sebetulnya tidak sesiap sebagaimana Linggau khususnya untuk akomodasi. “Saat ini di kota Muara Enim untuk para tamu-tamu kita yang ada Hotel Grand Zuri dan Griya Sintesa dan satu milik Pemkab yakni hotel Griya Serasan namun masih tahap rencana untuk direhab,” jelasnya.

Dari hasil perhitungan Cipta Karya terhadap potensi penempatan tamu-tamu dari hotel berbintang maupun yang belum berbintang, losmen dan wisma itu tidak lebih dari 1.200 tempat tidur.

Dengan kondisi ini, pihaknya harus berpikir keras dalam jangka satu tahun. Apa yang harus dilakukan, sehingga akomodasi tehadap tamu-tamu harus terpenuhi. “Langkah-langkah yang sudah diambil antara lain, kita telah melakukan komunikasi dengan PT Bukit Asam agar mess mereka bisa difungsikan,” ungkap Ramlan.  

Selain itu venue milik PTBA juga akan digunakan. Sehingga penempatan atlet dilokasi bisa menjadi lebih efisien.

Selain itu, Pemkab Muara Enim juga membangun beberapa fasiltas yang harus disinkronkan dengan kegiatan Porprov ini. Misalnya, pemkab akan merehabilatsi asrama Akademi Kebidanan agar asrama tersebut jadi tempat yang representative untuk ditempati atlet.  

“Pemkab Muara Enim juga  akan membangun  rumah singgah untuk keluarga pasien di RSU HM Rabbain yang memang sudah menjadi program pemerintah daerah. Namun pelaksaanaan pembangunannya akan disinkronkan untuk mendukung Porprov,” terangnya.

Sementara untuk pembangunan Venue, Dinas PU Cipta Karya mendukung  mendukung dari aspek teknisnya saja. Beberpa perencanaan yang disusun nanti akan banyak berkomunukasi dengan CK yang membidangi konstruksi bangunan. Namun terhadap spesifikasi standard olahraga CK akan bekerja sama dengan KONI maupun pengcab Kabupaten. Secara prinsip bupati Muara Enim juga setuju  demikian pulo pihak KONI sumsel.

“Dengan konsep yang ada, kita yakin pembangunan sarana dan prasarana untuk keperluan Porprov ini akan siap pada waktunya,” tegas Ramlan.

Penulis/Editor : Amri

 

 

 

Leave a Reply