Jelang HUT ke-70 Fungsi Legislasi DPR Belum Maksimal

Dia mengakui bahwa fungsi legislasi DPR sampai saat ini belum maksimal. Karena selama satu tahun lembaga itu baru menghasilkan dua undang-undang yaitu UU Pilkada dan UU Pemda.

“Betul bahwa untuk pelaksanaan pembahasan UU masih jauh ketinggalan, belum maksimal. Kalau kita lihat rentetan dari awal, ada yang harus diselesaikan dulu oleh DPR,” kata Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Menurut dia, DPR telah membuat hari legislasi yakni setiap Rabu dan Kamis untuk mempercepat pembahasan rancangan undang-undang. Namun hal itu juga dinilai belum optimal dalam menghasilkan produk legislasi.

“Sehingga memang pembahasan undang-undang lebih diberikan waktu yang cukup ke depan nantinya waktu reses kita akan dikurangi. Tidak satu bulan, barang kali cuma dua minggu atau tiga minggu paling lama kita fokuskan pekerjaan di DPR terutama tentang pembahasan legislasi,” ujarnya.

Politikus Partai Demokrat itu optimistis 37 Rancangan Undang-Undang bisa selesai tahun ini. Untuk mendorong target legislasi tercapai, DPR kedepan juga akan memangkas masa reses. Di mana, reses yang sebelumnya satu bulan menjadi tiga minggu.

“Mungkin reses yang ke depan ini, kita akan menerapkan mengurangi hari resesnya yang sekarang bisa satu bulan lebih, ya sampai tiga minggu lah kita lihat daripada waktu yang tepat,” kata dia.

Penulis   : Risa
Editor    : Amri
______________________________________________

BERITA LAIN:
Komisi II DPR Sepakat Revisi UU Pilkada Setelah 9 Desember
Ini Tanggapan DPR Soal Website Revolusi Mental 
Menkeu: Proyek Gedung DPR Belum Dibahas

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here