BKBPP dan PA Muara Enim Gelar Orientasi Peluang Usaha Bagi Ibu-ibu

Puluhan ibu-ibu ini tampak antusias untuk melihat dan mengetahui jenis usaha yang cocok untuk mereka jalankan. Salah seorang peserta, Farida mengatakan, setelah melihat beberapa contoh olahan seperti makanan kecil yang dipamerkan, dia yakin dan optimis bisa membuka usaha terutama yang bersifat industri rumahan.

“Melihat contohnya kita sepertinya mampu dan bisa, tinggal lagi cara pengemasan dan pemasaran. Ini yang kami masih butuh bimbingan,” ujar Farida di aula Hotel Sintesa Muara Enim, Selasa (25/08/2015).

Salah seorang pemateri dari Disperindag, Ester Claudia, menjelaskan, banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat suatu produk terutama yang berkaitan dengan bahan makanan. Antara lain; kandungan bahan makanan, tampilan atau pengemasan serta potensi pemasaran.

“Semua harus saling mendukung, dari jenis, kwalitas, pengemasan atau tampilan, karena sasarannya adalah konsumen atau peminat dari produk yang kita hasilkan,” jelasnya.

Sementara Kabid Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKBPP dan PA Kabupaten Muara Enim Lely Mulyati mengatakan, peserta berasal dari kader UPPKS yang sudah terbentuk di Kabupaten Muara Enim.

“Saat ini sudah terbentuk sebanyak 70 UPPKS yang tersebar di seluruh kecamatan di Muara Enim,” ungkapnya. Menurut Lely, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran dan fungsi kader UPPKS.

“Agar peran dan fungsi mereka sebagai kader UPPKS dapat tepat sasaran. Tujuan akhirnya mereka dapat meningkatkan pendapatan keluarga yang bermuara kepada kesejahteraan keluarga,” tambahnya.

Pada kegiatan ini juga dihadirkan pemateri dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sumsel. Tujuannya, agar para kader juga mengetahui alur atau pola peminjaman dana atau kredit usaha mikro melalui bank tersebut.

Kepala BKBPP dan Perlindungan Anak Muara Enim HM Nasir berharap dengan adanya orientasi  tersebut, para kader tergerak dan memiliki minat yang tinggi untuk mencari peluang usaha untuk peningkatan ekonomi keluarga. “Tentu saja yang kita harapkan bukan hanya kader UPPKS saja, tapi wanita terutama ibu ibu rumah tangga yang lain di Muara Enim ini,” harapnya.

Penulis  : Amri
_______________________________________________________
Berita Lain:
Mantan Kadisdik Muara Enim Jadi Tersangka Korupsi Bansos TIK
Bupati Pimpin Upacara HUT RI Ke-70 di Lapangan Merdeka Muara Enim
Begal Motor Sadis, Tebas Tangan Korban Hingga Nyaris Putus
Bupati Muara Enim Menerima Penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden
Lapas Muara Enim Usulkan 479 Warga Binaan Dapat Remisi Idul Fitri

 

 

 

 

Leave a Reply