Haedar Diyakini Mampu Perluas Jaringan Muhammadiyah

“Selain dikenal menguasai tertib organisasi, Haidar juga sangat rajin menulis dan menafsirkan dan mengkontekstualisasikan prinsip, pandangan dan ajaran-ajaran Muhammadiyah,” kata Saleh di Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Ketua Komisi VIII DPR itu melanjutkan, kepiawaiannya dalam berorganisasi dibuktikan dengan kiprah dan pengabdiannya di Muhammadiyah selama ini. Apalagi, dalam beberapa kali muktamar Haedar selalu selalu dipercaya oleh muktamirin untuk masuk dalam komposisi 13 pimpinan Muhammadiyah.

Selain duduk dalam posisi wakil ketua, Haedar juga pernah menduduki Sekretaris Umum PP Muhammadiyah. “Pak Haedar bukan kader yang muncul tiba-tiba. Rekam jejaknya mudah ditelusuri. Apalagi beliau juga pernah menjadi Ketua Umum PP. Ikatan Pelajar Muhammadiyah sebelum kemudian aktif di PP Muhammadiyah,” ujarnya.

Selain itu, pemikiran dan aktvitasnya dalam membesarkan Muhammadiyah diyakini akan mampu membawa Muhammadiyah melintasi tantangan yang semakin kompleks.

“Keteduhan dan kelembutannya dalam berkomunikasi diyakini akan mampu meluaskan jaringan Muhammadiyah secara eksternal. Tidak heran bila banyak peserta muktamar yang berharap Muhammadiyah di dalam periode ini akan lebih banyak berbuat,” ujarnya.

Tak hanya itu, komposisi kepemimpinan yang baru saja terpilih, dinilai sebagai komposisi yang saling melengkapi. Di sana ada ahli agama Islam, pendidikan, hukum, ekonomi, kesehatan, budaya, politik, kaderisasi, dakwah, dan tentu semuanya sudah terlatih dalam berorganisasi.

Kepemimpinan yang bersifat kolektif kolegial yang menjadi budaya di Muhammadiyah akan menjadi kekuatan sinergis yang dapat membantu Haidar Nasir dalam mengemban amanah.

“Kalau boleh dikatakan, 13 orang pimpinan Muhammadiyah ini seperti simfoni. Jika dimainkan akan menghasilkan irama yang indah nan elok. Komposernya tidak terlalu sulit bekerja karena masing-masing sudah mengerti tugas dan fungsinya,” kata Saleh

Penulis : Risa
Editor   : Amri
__________________________________________________________________

BERITA LAIN:
Terkait Calon Tunggal, DPR Bakal Revisi UU Pilkada
Banyak Libur, Serapan Anggaran MPR/DPR/DPD Rendah
Haedar Nashir Terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015-2020
PDIP Gugat Ketentuan Calon Tunggal
Jokowi Tak Bisa Paksakan Pasal Penghinaan Presiden Masuk RUU KUHP
Rupiah Terpuruk, DPR: Pemerintah Jangan Lepas Tanggung Jawab
Presiden Jokowi Direncanakan Tinjau Pembangunan Jalan Tol Palembang Indralaya

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here