Atasi Kekeringan Pemerintah Jangan Seperti Pemadam Kebakaran

Anggota Komisi IV DPR, Daniel Johan mengatakan bencana kekeringan merupakan masalah yang terus berulang dari tahun ke tahun sama seperti halnya dengan bencana banjir. Menurut dia, seharusnya ada antisipasi pemerintah mengatasi masalah tersebut.

“Pemerintah menyikapinya seperti pemadam kebakaran, pas muncul masalah baru kebakaran jenggot,” kata Daniel saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai, bencana banjir dan kekeringan yang berulang setiap tahun karena tidak pernah ada perencanaan yang serius dari pemerintah untuk mengatasinya.

“Hal ini bisa terjadi karena pemerintah tidak pernah bisa mewujudkan manajemen air yang baik sehingga kalau musim hujan banjir, pas musim kering kekeringan dan kebakaran hutan,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah harus mewujudkan manajemen air yang baik sehingga negara bisa mengambil manfaat yang besar sebagai negara tropis.

“Ya jadi pemerintah harus wujudkan manajemen air yang baik,” kata dia. Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut 12 provinsi di Indonesia mengalami kekeringan parah, dan beberapa diantaranya mengalami defisit air.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa wlayah-wilayah yang mengalami kekeringan tersebut meliputi 77 kabupaten kota dan 526 kecamatan di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Sumatra Selatan dan Sulawesi Selatan.

Selain itu, berdasarkan hasil kajian keseimbangan air, wilayah Bali, Jawa dan Nusa Tenggara sekarang ini mengalami defisit air, yang artinya ketersediaan air sudah tidak mencukupi kebutuhan.

“Diperlukan komitmen semua pihak untuk memperbaiki kualitas lingkungan. Selama ini kecepatan perbaikan kualitas lingkungan lebih lambat dibanding degradasi lingkunganya,” kata dia, Rabu (29/7/2015).

Penulis: Amri
________________________________________________
BERITA LAIN:
Pilkada Serentak Sepi Peminat, Ini Penyebabnya
Presiden Jokowi Direncanakan Tinjau Pembangunan Jalan Tol Palembang Indralaya
810 Pasangan Calon Kepala Daerah Daftarkan Diri
Pematang Siantar, Rekor Calon Kepala Daerah Terbanyak
PDIP Gugat Ketentuan Calon Tunggal

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here