Dicari Manusia Setengah Dewa untuk Pimpinan KPK

Sebab menurut dia, mereka harus memilih manusia setengah dewa. Sehingga, pemilihan calon pimpinan lembaga adhoc antikorupsi itu harus dilakukan dengan cermat.

“Cermat artinya harus memperhatikan aspek detail dari profil calon pimpinan KPK,” kata Aboe Bakar di Jakarta, Senin (8/6/2015). Selain cermat kata dia, pemilihan calon Pimpinan KPK harus transparan. Artinya, prosesnya harus dilakukan secara terbuka dan dapat diakses informasinya oleh masyarakat.

“Juga akuntabel, berarti setiap proses yang dilakukan harus dapat dipertanggung jawabkan. Dan yang paling penting semua proses harus dilakukan secara profesional, jangan sampai mereka terlihat partisan atau memprioritaskan kelompok tertentu,” ujarnya.

Sedangkan untuk calon Pimpinan KPK, lanjut Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu, setidaknya ada lima kriteria yang harus diperhatikan oleh Pansel KPK. Pertama, calon tidak boleh memiliki beban masa lalu, pansel harus memastikan tidak ada persoalan hukum atau cidera moral dari calon yang ada.

“Kedua, calon harus memiliki kompetensi yang sangat baik terhadap bidang kerjanya. Tentunya disini sangat diperlukan penguasaan calon pimpinan terhadap hukum pidana dan hukum acaranya,” lanjutnya.

Ketiga, kata Aboe Bakar, calon pimpinan harus memiliki sikap yang tegas. Ketegasan ini diperlukan untuk pelaksaksanaan penindakan atas kasus korupsi, diperlukan pula untuk mengontrol staf KPK agar selalu mengikuti standard operating procedure atau SOP dan aturan hukum acara pidana yang ada.

“Keempat, diperlukan pimpinan yang luwes dan mampu berkoordinasi dengan lembaga penegak hukum lainnya serta mampu berkomunikasi secara baik dengan lembaga negara yang lain. Dengan profil pimpinan yang demikian, diharapkan akan menghindari adanya pergesekan dengan lembaga lain dan meningkatnya kemitraan dengan legislatif,” ujarnya.

Terakhir tambah dia, profil pimpinan KPK harus terbukti memiliki integritas tinggi dalam upaya pemberantasan korupsi serta kepatuhan terhadap aturan hukum yang ada. “Syarat terakhir ini seharusnya memiliki bobot paling tinggi dalam penilaian pansel,” kata dia.

Penulis : Amri
___________________________________________
BERITA LAIN:
Bulan Bung Karno
Fahri Hamzah Sebut Dahlan Iskan Korban UU Tipikor
Jadi Tersangka Korupsi Dahlan Iskan di Cekal ke Luar Negeri
Dahlan Iskan jadi Tersangka Korupsi Gardu PLN
KPU di Audit BPK, Ini Hasilnya

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here