Belum Masuk Bulan Puasa Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

 

Salah seorang pedagang sembako, Mbah Karti mengaku  sudah tiga hari ini harga bawang merah naik, dari yang sebelumnya harga tertinggi mencapai Rp 25.000/kg namun sejak tiga hari ini naik menjadi Rp 45.000/kg bahkan ada yang Rp 50.000/kg. Sedangkan untuk daging ayam potong, sebelumnya harga satu kilonya hanya Rp 25.000, namun sekarang naik  menjadi Rp 30.000/kg.

“Iyo dek, emang tigo hari ikak naek. Kami jugo ngikutin hargo pasar bae dek, apolagi kami jugo ngambeknyo lah mahal dari petani yang bukan asli pendopo,” tutur Mbah Karti, Minggu (31/05/2015).

Kenaikan harga tersebut tentu memberatkan ibu-ibu rumah tangga, seperti yang diungkapkan, Lela (49). Warga kelurahan Talang Ubi Timur merasa berat dengan kenaikan bahan pokok sekarang. Menurut Ibu tiga anak ini, naiknya harga bawang merah dan daging ayam potong terlalu cepat dan tinggi.

“Belum masuk bulan puaso lah naek hargo daging ayam dan bawang merah di pasar, apolagi pas puaso agek, pasti tambah naek hargonyo. Kasian bagi warga yang cak kami ini,” keluhnya.

Terpisah, Nurman Valuti Tokoh Masyarakat menuturkan, kenaikan harga saat ini masih dalam tahap wajar. “Ini kan bulan Ruwah pak kalau dalam kalender Jawa, jadi pada bulan ini masyaralat muslim memiliki adat budaya yaitu mengadakan sedekah, sehingga semakin tinggi permintaan dua komoditi tersebut membuat harganya melambung tinggi,” jelasnya.

Meskipun demikian, lanjut dia, seharusnya hal ini mendapat perhatian serius dari pemerintah. Karena ditakutkan Nurman, jika nanti bukan hanya komoditi ini saja yang naik bahkan bisa jadi semuanya bisa ikur merangkak naik seiring permintaan pasar yang tinggi.

“Apalagi kan nanti tidak lama lagi masuk bulan puasa, tentu harga-harga komoditi di Pasar jika tidak dikontrol pemerintah dalam waktu dekat ini, akan semakin memberatkan warga. Pemerintah bisa menggelar operasi pasar murah guna membantu warga mengatasi harga komoditi pasar yang melambung tinggi,” tutupnya.

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Amri
 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here