PTBA Akuisisi Perusahaan Tambang di Kalimantan

“PT TPR adalah perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan batubara, sedangakn MHB di sektor bidang penanganan dan sarana transportasi batubara. Kedua perusahaan ini beroprasi secara terintegrasi,” ujar Sekretaris Perusahaan PTBA, Joko Pramono kepada Kabar Serasan, Kamis 28/05/2015.

Joko menerangkan, PT TPR memiliki sumberdaya Batubara sebanyak 292 juta ton dan cadangan (mineable) sebesar 109 juta ton di wilayah izin usaha pertambangan (IUP) operasi dan produksi seluas 3,145 hektar dengan rata-rata hitungan stripping (SR) sebesar 4,16.

Adapun PT MHB yang bergerak di bidang infrastruktur dan sarana transportasi batubara, memiliki dermaga yang dapat disandari tongkang 300 feet atau sekitar 10.000 DWT dan stockpile di atas lahan seluas 60 hektar yang didukung dengan fasilitas loading dan unloading menggunakan conveyor system di pinggir Sungai Barito.

Selain itu, PT MHB juga memiliki fasilitas jalan houling rood sepanjang 85,5 km yang menghubungkan PT TPR hingga lokasi dermaga di pinggir Sungai Barito sehingga keberadaan kedua perusahaan ini dapat bersinergi untuk mendukung kinerja PT IPC sebagai induk perusahaan.

“Selain untuk melayani penanganan dan transportasi batubara produksi PT TPR, semua infrastruktur PT MHB juga dipersiapkan untuk melayani penanganan dan angkutan batubara dari sejumlah  produsen potensial lainnya yang banyak terdapat di sekitar wilayah operasi PT TPR dan PT MHB,” jelasnya.

Total nilai kedua perusahaan itu ditetapkan sebesar US$ 36 juta. Dari jumlah itu, pada 28 Mei 2015 PTBA sudah dilakukan transaksi tahap awal sebesar US$ 12,3 juta atau 34,7 persen dari nilai totalnya.

“Kita harapkan paling lambat 6 bulan sejak penandatangan Akte Jual Beli hari Kamis, 28 Mei 2015, PT IPC sudah mengakuisisi 100 persen saham kedua perusahaan tersebut,” tutupnya.

Penulis : Amri
________________________________________
BERITA LAIN:
PTBA Optimis Target 2015 akan Terpenuhi
Kendalikan Harga Sembako, DPR Desak Pemerintah Keluarkan Perppu
Ketua DPD Sambut Baik Pemerintah Revitalisasi 5000 Pasar Tradisional
Sukseskan Program Listrik Pemerintah PTBA Bakal Bangun PLTU 4.400 MW
PTBA Dirikan Anak Perusahaan Untuk Grup Bisnis Sektor Energi
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Menguat pada Kuartal II
Pemerintah Canangkan Program Sejuta Rumah
Sukseskan Program Listrik Pemerintah PTBA Bakal Bangun PLTU 4.400 MW
Mulai Mei Pemerintah Hapus Premium di Pasaran

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here