Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Bangun Karakter Kota

“Banyak sekali potensi daerah yang tidak terangkat dengan baik karena pimpinan daerah terjebak pada rutinitas keseharian di pemerintahan,” kata Presiden pada acara “Indonesia Investment Week” di Kemayoran, Rabu, (13/05/2015).

Menurut Jokowi banyak sekali peluang yang ditawarkan investor dan komoditas-komoditas yang bisa saling dipertukarkan antara kabupaten, kota, dan provinsi. “Tetapi ini tidak banyak dilakukan,” ujarnya.

Padahal lanjutnya, Perdagangan dan investasi saat ini menjadi kunci pertumbuhan. ” Bupati maupun  wali kota harus dapat menjalin komunikasi yang baik antar-pemerintahan daerah,”ujar Jokowi.

Jokowi mencontohkan,  di suatu daerah, stok beras sangat melimpah, sedangkan di daerah lain pasokannya tidak ada. Semestinya, antar-kedua pemerintah daerah tersebut dapat berkomunikasi langsung tanpa harus melewati pihak kedua atau ketiga. “Bupati dengan bupati, wali kota dengan wali kota. Tetapi ini yang saya daerah-daerah belum melaksanakan,” katanya.

Pada acara yang dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini, Presiden juga meminta semua kepala daerah membangun karakter sebuah kota. ” Karakter kota penting untuk membangun indentitas sebuah daerah yang diperlukan dalam bidang investasi,” jelasnya.

Presiden tidak ingin kota penghasil kakao atau cokelat justru menawarkan investasi komoditas lain. “Seharusnya potensi yang lebih besar ditawarkan dulu,” ujarnya.

Penulis: Amri|
_________________________________________________
BERITA LAIN:
SBY Pimpin Demokrat Hingga 2020
Belum Ada Anggaran, Pilkada Serentak Terancam Ditunda
Kosong Anggaran, KPU Tak Bisa Laksanakan Pilkada
Rakyat Makin Terjepit PAN Minta Penyaluran Raskin Dipercepat

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here