Ini Tiga Alternatif Relokasi Pedagang Pasar Inpres

Hal tersebut disampaikan Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, dalam rapat kordinasi bersama para pedagang korban kebakaran di Kantor Bappeda Muara Enim, Senin (4/5/2015) kemarin.

Menurut Muzakir, sebagai langkah tanggap darurat, Pemkab Muara Enim segera menyiapkan kios dan los sementara bagi para pedagang. “Segera estimasi berapa kira-kira biaya untuk lokasi berjualan sementara,” perintah Bupati kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim.

Muzakir menegaskan kepada bawahannya untuk tidak memberi izin bagi pedagang baru yang ingin mendapatkan kios dan los di lokasi sementara. Untuk itu lanjut dia, akan dilakukan pengundian bagi para pedagang yang akan menempati kios dan los sementara.

“Kepala pasar saya ingatkan, jangan coba-coba memberi kesempatan bagi pedagang yang baru yang ingin mendapatkan los, kalau terjadi hal yang demikian, saudara jangan menyesal,” tegasnya.

Selain itu lanjut dia, pedagang tidak diizinkan membangun sendiri tempat berjualan, selain yang di bangun pemerintah. “Selain bangunan yang di siapkan saya harap tidak ada yang mencoba membangun los sendiri,” tegas Muzakir.

Sementara itu untuk membangun kembali Pasar Inpres Gedung A yang baru, Pemkab Muara Enim masih akan melakukan rapat internal karena terkait besarnya anggaran yang dibutuhkan.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Pemkab Muara Enim, musibah kebakaran di Pasar Inpres Gedung A Muara Enim, Rabu (29/4/2015) lalu, mengakibatkan 240 los, 118 kios dan 20 lapak pedagang kaki lima hangus terbakar.

Penyebab kebakaran belum diketahui, namun kuat dugaan disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik atau korsleting. Meskipun tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun, akibat kebakaran ini mengakibatkan kerugian hingga puluhan milyar rupiah. (ME-4)

Berita Lain:
Pedagang Pasar Inpres Minta Dicarikan Tempat Baru
Pedagang Korban Kebakaran Minta Keringanan Kredit Bank
Muara Enim, Kabupaten Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan
Api Hanguskan Ratusan Kios Milik Pedagang Pasar Inpres Muara Enim
Muara Enim Raih Penghargaan Pangripta Nusantara
Pedagang Korban Kebakaran Bangun Lapak Darurat
Pedagang Dilarang Berjualan di Lokasi Kebakaran
Wakil Bupati Muara Enim Lantik 89 CPNS
Pasca Kebakaran, Pedagang Bebas Retribusi

 

 

 

 

 

Leave a Reply