Penjaringan Panwas Pilkada PALI Dimulai

Awalnya sebanyak 29 peserta mendaftarkan diri untuk mengikuti tes tersebut, namun pada saat pelaksanaan tes, hanya 26 peserta mengikutinya, sementara 3 peserta lainnya tidak hadir.

Pimpinan Bawaslu RI, Endang Wihdatiningtyas, saat meninjau pelaksanaan ujian menjelaskan, tahap pertama dari penjaringan anggota Panwaslu adalah tes tertulis. Selama 2 jam peserta akan mengerjakan soal sebanyak 100 multiple choise (pilihan ganda). Setelah itu lanjut dia, akan ada sesi wawancara oleh Tim Seleksi untuk memilih 6 kandidat terbaik. Kemudai  6 nama yang terpilih akan dikirim ke Bawaslu Provinsi untuk melakukan  fit and proper test.

Setelah melewati semua tahapan tersebut, selanjutnya akan diambil 3 nama sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Pali tahun 2015. “Hasil seleksi Insya Allah akan kita ketahui sekitar akhir Mei dan awal juni sudah mulai bertugas,” kata Endang.

Dijelasknnya, tugas Panwas kabupaten berdasarkan undang-undang adalah satu bulan sebelum tahapan sampai dengan dua bulan setelah pemimpin Terpilih. “Jadi fleksibelnya bisa 10 bulan, tapi kita lihat dulu APBDnya, kalau APBDnya Optimal kita akan optimalkan masa kerjanya. Tugas mereka melakukan pengawasan, membentuk sekretariat, membentuk Panwas Kecamatan, PPL sampai ke Panwas di TPS,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Endang juga meminta kepada insan media untuk membantu pengawasan dilapangan, agar terciptanya pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Pali yang Demokratis. “Jika semua tahapan berjalan maksimal, pemimpin terpilih adalah seorang Pemimpin yang benar-benar keinginan masyarakat,” tutupnya. (Her/Amr)

Berita Lain:
Jelang Pilkada, KPUD Buka Kantor Sekretariat Khusus di Pali
Tahapan Pilkada Belum Mulai, Spanduk Bakal Calon Bupati Sudah Menjamur
Calonkan Diri jadi Bupati, Heri Amalindo Pensiun Dini
Partai Golkar Buka Pendaftaran Calon Bupati Pali
Terus Cari Dukungan, Heri Amalindo Merapat ke PBB
Cari Bupati Amanah, Demokrat Pali Gelar Tablig Akbar dan Doa Bersama
Pilkada PALI: Demokrat dan Hanura Pastikan Dukung Heri Amalindo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here